FAWER FULL FANDER SIHITE
FAWER FULL FANDER SIHITE Mohon Tunggu... Penulis - Master of Arts in Peace Studies
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Tidak cukup hanya sekedar tradisi lisan, tetapi mari kita sama-sama menghidupi tradisi tulisan.

Catatan Jejak Perjalanan di Bumi Maku Gawene

1 Juli 2021   18:48 Diperbarui: 1 Juli 2021   18:55 630

Ternate - Jejak perjalanan di Bumi Maku Gawene, semboyan tersebut mengandung makna saling menyayangi , cinta dan kasih sayang sesama manusia dengan seluruh makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa . (Maluku Utara).

Ketika saya hendak ke Bacan pada tanggal 4 Mei 2021, saya sudah memijakkan kaki di Bandara Udara Ternate, namun hanya sebentar. Dan tidak terpikir juga akan balik lagi ke Ternate dengan agenda pelantikan GMKI Cabang Ternate.

Setelah menjalani cabang, Bacan, Sofifi, Tobelo, Morotai dan Jailolo ternyata saya diberikan mandat kembali untuk melantik BPC GMKI Ternate pada tanggal 15 Juni 2021, kesempatan itu merupakan suatu kehormatan bagi saya.

Dokumen pribadi
Tiba di Ternate didampingi oleh Aldrin (Korwil 15), Firon (Kabid Alspel Jailolo) dan Rion (Kader GMKI Jailolo).

Kedatangan kami langsung disambut oleh Kecab (Jufri) dan Sekcab (Ivan Lahu) GMKI Ternate dan Ian (Sekcab Demisioner), dengan menggunakan sepeda motor kami menuju sekretaris GMKI Ternate.

Duduk sejenak sambil minum kopi, menunggu beranjak ke Gereja GMIH tempat kami menginap/istirahat.

Malamnya langsung acara pelantikan yang dilaksanakan di Gereja GPM, puluhan kader dan beberapa orang senior seperti Senior Arnol, Hendra dan lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu turut memeriahkan acara pelantikan tersebut.

Acara pun berjalan dengan baik dan penuh hikmat, mulai pidato Ketua Cabang bung Jufri yang begitu menggelegar, sambutan senior Hendra yang penuh motivasi dan terakhir di tutup oleh pengurus pusat GMKI.

Dokumen pribadi
Usai pelantikan kami pun makan malam di belakang Mall Ternate, menikmati malam dan makanan Ternate yang begitu lezat, saya ditemani oleh Ian (Sekcab Demisioner) dan Kecab Jufri.

Esok harinya Sekcab Ivan meminta saya untuk mengisi materi/sharing pengalaman dengan BPC yang baru saja dilantik, hampir seluruh BPC hadir dan antusias dalam kegiatan tersebut, kami mulai pukul 20.00 dan berakhir 12.30 subuh. Semoga sharing itu bermanfaat bagi teman-teman BPC.

Kurang lebih 3 hari di Ternate hampir setiap hari saya diajak diskusi sama teman-teman BPC dan saya sangat senang bisa saling berbagi pengalaman, selama 3 hari itu juga kami menikmati makanan buatan Grace (Bencab GMKI Ternate) yang katanya masih belajar masak pada saat ini, dan dibantu oleh beberapa temannya.