Mohon tunggu...
Fauzyana Luthfiani
Fauzyana Luthfiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Everything is possible even the impossible.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Perpustakaan Nasional RI dan Mahasiswa Tingkat Akhir

11 September 2022   20:39 Diperbarui: 11 September 2022   20:45 381 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumen Pribadi

Eksistensi Perpustakaan Nasional RI di kalangan mahasiswa sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Terlebih lagi bagi mahasiswa yang berada di tingkat akhir dan membutuhkan segudang referensi ilmiah. 

Perpustakaan yang akrab disebut Perpusnas ini menjadi salah satu tempat favorit bagi mahasiswa tingkat akhir untuk mengerjakan tugas akhirnya. 

Bagaimana tidak? Koleksi buku di Perpusnas yang cukup lengkap dan beragam serta fasilitas workspace yang nyaman menjadi daya tarik utama bagi mahasiswa tingkat akhir. Terlebih lagi adanya WiFi gratis dan kemudahan dalam membuat kartu anggota guna meminjam buku yang ada. 

Perpusnas ini terdiri dari 24 lantai dengan fungsi yang berbeda-beda di setiap lantainya. Adapun spot yang wajib dikunjungi oleh mahasiswa tingkat akhir yang hendak menghabiskan waktu spesial bersama tugas akhirnya adalah lantai 21 dan 22 di mana terdapat koleksi buku terbuka, yang tentunya bisa dibaca langsung ataupun dipinjam. 

Di lantai tersebut, disediakan workspace berupa meja dan kursi, bahkan ada pula meja untuk lesehan. Jangan khawatir jika baterai gadget habis karena stop kontak sangat mudah ditemukan di lantai ini. 

Berhubung jumlah buku di lantai tersebut sangat banyak, Perpusnas menyediakan beberapa mesin pencarian untuk memudahkan pengunjung dalam mencari buku atau karya ilmiah lainnya. 

Namun perlu diingat, meskipun di lantai 21 dan 22 difasilitasi workspace yang nyaman, pengunjung harus menghargai pengunjung lainnya dengan tidak berisik. Sebab, suasana perpustakaan yang tenang dan kondusif lah yang membuat mahasiswa dapat lebih produktif dalam mengerjakan tugas akhir

Jika berniat untuk mengerjakan tugas akhir sambil berdiskusi bersama teman-teman, ada lantai 24 yang menyediakan workspace ciamik yang bisa digunakan sambil bercengkerama. 

Kemungkinan besar karena di lantai tersebut tidak ada koleksi buku terbuka, jadi suasananya pun tidak harus setenang di lantai 21 dan 22. Biasanya, pengunjung yang datang ke lantai 24 ingin melihat pemandangan Ibukota Jakarta dan Monas yang terletak di depan Perpusnas. 

Saya pribadi merasa puas saat mengerjakan tugas akhir di Perpusnas. Suasana di Perpusnas cukup mendukung untuk tetap fokus dan tidak mudah terdistraksi dengan hal-hal lain di luar tugas akhir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan