Mohon tunggu...
Fauziah Amalia
Fauziah Amalia Mohon Tunggu... Welcome to my blog, salam literasi:)

Mahasiswi Prodi Pendidikan Luar Sekolah, UNNES

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Kebun Teh Kemuning

3 November 2020   08:21 Diperbarui: 10 November 2020   13:46 177 4 0 Mohon Tunggu...

Hawa sejuk mulai menyeruak masuk dalam tubuh ketika sampai di kebun teh kemuning, suasana asri masih sangat kentara disana. Disepanjang jalan Kemuning, Ngargoyoso kita akan dimanjakan dengan hamparan perkebunan teh yang sangat luas nan hijau. 

Kebun teh kemuning merupakan salah satu destinasi wisata Kabupaten Karanganyar. Disini kita tidak dipungut biaya ketika memasuki area perkebunan, kecuali ada tempat-tempat tertentu yang memang dikelola dan dikenakan biaya. Namun, kebanyakan pengelolanya adalah warga sekitar jadi, tarifnya pun ramah dikantong. 

Sama seperti pegunungan pada umumnya, jalanan menuju kebun teh berkelok-kelok dan juga menanjak namun tidak sulit untuk dijangkau dengan kendaraan. Area favorit yang banyak dikunjungi adalah Jalen. 

Disini dikenakan tarif Rp. 2.000. Dikawasan ini tempat parkir luas dan jangan khawatir akan kelaparan, karena  banyak terdapat warung makan yang menjual berbagai makanan khas pegunungan, apalagi jika bukan mie rebus dan juga kopi dengan harga yang sangat terjagkau.

Pengunjung juga dapat menikmati matahari terbenam dan  menikmati keindahan gunung lawu dengan jelas. Namun, ketika kabut turun penglihatan akan sedikit terganggu dan hawa yang mulanya sejuk menjadi dingin, terlebih jika ditambah dengan angin. 

Jika pengunjung ingin menikmati suasana yang sepi, pengunjung dapat datang dipagi hari dan disarankan tidak datang dihari libur, karena saat libur akan sangat ramai oleh wisatawan dari berbagai daerah. 

Kebun teh kemuning ini sangat disarankan untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, maupun pasangan jika punya. Hawa yang sejuk serta pemandangan yang indah sangat mendukung suasana untuk sejenak berlibur dari berbagai kepenatan.  Kebun teh kemuning juga sering digunakan sebagai area offroad, jadi jangan kaget apabila menemui suara bising dari gerombolan mobil jeep.

Jika datang kesini, jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, jangan sampai keindahan kebun teh ini dirusak oleh sampah yang berserakan. 

Karena saat ini sedang masa pandemi, kebun teh tetap beroperasi namun harus selalu memakai masker dan tetap taati protokol kesehatan yang berlaku yaa.

Fauziah Amalia

Pendidikan luar sekolah, UNNES

VIDEO PILIHAN