Mohon tunggu...
Cerpen

Doa Hamba Sahaya Yang Dikabulkan

29 April 2018   12:26 Diperbarui: 29 April 2018   12:25 391 0 0 Mohon Tunggu...

Diceritakan oleh abdullah ibnu mubarak, bahwa pada suatu tahun terjadilah musim kering di mekkah, dan orang-orang tiga hari berturut-turut berbondong-bondong keluar melakukan shalat istisqa' tetapi hujan tidak kunjung datang. Maka pergilah aku mengasingkan diri di salah satu gua kalau-kalau Allah mengabulkan do'aku dan menurunkan rahmat-Nya. Tidak lama datanglah ke dalam gua itu seorang hamba sahaya hitam. Ia berdiri melakukan shalat dua rakaat lalu meletakkan kepalanya diatas tanah dan berdoa : "ya tuhanku!"  "mereka hamba-hambamu yang telah melaksanakan shalat istisqa' selama tiga hari, tapi belum juga engkau beri air hujan. Demi kemuliaanmu tidak akan aku angkat kepalaku sebelum engkau turunkan hujan". Dan dengan kehendak Allah turunlah hujan membasahi bumi. Ketika hamba itu keluar aku ikuti jejaknya sampai kerumahnya. Ketika aku siapa melihat seorang dari penghuni rumah itu keluar, aku bertanya padanya : siapa pemilik rumah ini? Dijawab, ini miliknya "fulan". Kemusian masuklah aku kedalam setelah dipersilahkan. Aku berkata kepada pemilik rumah bahwa aku hendak membeli seorang hamba, maka ditunjukkanlah padalah seorang yang bukan aku inginkan, lalu dikeluarkanlah hamba hitam yang dilihatnya dalam goa dengan disertai keterangan bahwa hamba yang aku inginkan itu adalah pemalas, tidak dapat bekerja. Aku tetap mendesak agar hamba hitam diberikan padaku. Dan terjadilah tawar-menawar hingga mencapai harga dua puluh dinar. Aku bayar dan aku bawalah hamba hitam ke rumah.

            Setibanya di rumah, aku sediakan baginya bejana untuk air wudhu dan dan sepasang sandal. Kemudian ia bangun berwudhu dan melakukan shalat. Di waktu bersujud aku mendengar ia berdo'a : "rahasiaku telah diketahui orang dan aku tidak suka hidup setelah terungkap". Kemudian ia  berdiam tidak mengeluarkan suara dan ternyata ia telah wafat.

            Setelah aku lakukan perawatan mayatnya dan aku kubur, terlihat dalam mimpiku pada malam harinya seakan-akan Rasulullah SAW datang padaku, didampingi  oleh Syekh Mahbub Nurani di sebelah kanannya dan hamba hitam disebelah kirinya sambil bersabda : Allah akan membahas kebaikanmu dan apa yang engkau telah lakukan untuk kekasihku ini". Aku bertanya? "ya, jawab Rasulullah SAW, Ia adalah kekasihku dan kekasih nabi Ibrahim Khalifullah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x