Mohon tunggu...
Fatmawati SMANIS
Fatmawati SMANIS Mohon Tunggu... Guru - Teacher, Blogger

Guru BK di SMA Negeri 1 Sumberejo

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Cara Asyik Atasi Kejenuhan

19 November 2022   23:12 Diperbarui: 19 November 2022   23:19 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Kegiatan rutinitas yang dilakukan sehari-hari terkadang menimbulkan kejenuhan tersendiri. Hal tersebut dapat berpengaruh pada keadaan psikologis seseorang yang akhirnya berdampak pada kinerja seseorang. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejenuhan, yaitu :

1. Ekspresikan diri 

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencari waktu dan tempat untuk menenangkan diri dan mengekspresikan diri. Siapkan sebuah buku untuk mencurahkan uneg-uneg, bisa memulainya dengan menulis hal yang paling sederhana seperti menulis tentang diri sendiri, apa yang diinginkan atau diharapkan, rencana masa depan, atau bisa juga menulis tentang kutipan kata mutiara, puisi, buku atau musik favorit.

2. Terus bergerak

Dengan terus bergerak akan bermanfaat bagi fisik dan emosi seseorang. Bisa dilakukan dengan aktivitas jalan pagi atau bermain olahraga yang lainnya yang dapat dilakukan sendiri maupun secara berkelompok.

3. Mainkan musik

Musik diyakini dapat menyeimbangkan emosi. Mainkan musik yang sesuai dengan hobi kita akan memberikan suasana hati yang lebih rileks dan nyaman.

4. Tertawa

Dengan tertawa akan menghilangkan otot-otot yang tegang.

5. Selektif makanan

Cara makan yang benar merupakan salah satu cara menjaga kesehatan. Ada jenis makanan tertentu yang justru memicu stress, rasa jenuh dan emosional. Cobalah jenis makanan yang berkarbohidrat kompleks seperti roti gandum, pasta dan buah-buahan yang memberi energi lebih sepanjang hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun