Mohon tunggu...
Fatma Kartika
Fatma Kartika Mohon Tunggu... Freelancer - Travel blogger

Hai! Saya adalah seorang traveler yang suka menjelajahi tempat dan mencoba berbagi pengalaman saya. Temukan cerita perjalanan saya, tips berguna, dan inspirasi untuk menjelajahi tempat-tempat baru. Terima kasih sudah mengunjungi artikel saya!

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

One Day Trip dari Bali Ke Nusa Penida

6 September 2023   13:39 Diperbarui: 8 September 2023   16:08 542
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senin, 17 Juli 2023

Pulau Nusa Penida, yang terletak di sebelah tenggara Bali, adalah surga tersembunyi yang menunggu untuk dijelajahi. Jika kamu liburan ke Bali saya sangat sarankan untuk menyempatkan waktu mengunjungi pulau ini. 

Dalam waktu satu hari mungkin terasa terbatas, tapi kamu masih bisa menggali keindahan alam dan pesona budaya pulau ini dalam waktu singkat dari pusat Bali ke Sini. 

Perjalanan dari Bali Ke Nusa penida 

Untuk menyebrangi pulau tersebut tentunya harus menggunakan kapal atau fast boat. 

Pelabuhan Sanur tempat untuk penyebrangan ke Pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan, bahkan untuk menyeberangi Pulau Lombok. Jarak tempuh 20  menit dari kota Denpasar dan 40 menit dari Kuta menggunakan kendaraan. Jika menggunakan Google Maps kamu dapat memasukan tujuan Pelabuhan Sanur dan untuk kondisi pelabuhan tersebut saat ini sudah lebih tertata dan mudah untuk mencari tujuan lokasi. area parkir juga tersedia untuk kendaraan roda dua atau pun roda empat. 

Harga tiket untuk menyebrangi pulau Nusa Penida beragam, kamu dapat membeli langsung di loket penjualan tiket dan disana banyak travel agent yang menjual. Namun saya sarankan untuk dapat melakukan pembelian tiket sebelum hari H keberangkatan. Karena pengalaman saya pada saat pergi berlibur membeli tiket di hari H keberangkatan cukup sulit mendapatkan tiket keberangkatan pagi hari di pukul 07.30 wita.

Tiket Fast Boat Sanur - Nusa Penida (Dok. pribadi)
Tiket Fast Boat Sanur - Nusa Penida (Dok. pribadi)

Tiket yang saya dapatkan dengan harga Rp 175.000 pulang-pergi (lokal). Jam keberangkatan tersedia mulai pukul 07.30 - 15.00 wita. Sanur ke Nusa Penida. Saya menggunakan Kapal Maruti Express dan jarak tempuh dari Sanur - Nusa Penida yaitu 45 menit.

Antrian sebelum masuk ke Dermaga (Dok. pribadi)
Antrian sebelum masuk ke Dermaga (Dok. pribadi)

Pelabuhan Sanur (Dok. pribadi)
Pelabuhan Sanur (Dok. pribadi)

Explore Nusa penida 

Setibanya di pelabuhan, saya mengelilingi Nusa Penida dengan menyewa motor dan untuk harga sewa motor Rp 75.000 / hari. Rekomendasi saya menyewa melalui instagram @rental_motor_nusa_penida harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Trip 1 hari ini saya pergi tanpa menggunakan tour guide, hanya bermodalkan Google Maps untuk mengeksplore tempat yang ingin di kunjungi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun