Mohon tunggu...
Fatima Nadine
Fatima Nadine Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar SMAN 28 JAKARTA

XI MIPA 1 (15)

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Misteri Shrink Ray yang Hilang

24 November 2020   13:23 Diperbarui: 24 November 2020   13:43 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PRANG! Tiba-tiba suara keras muncul dari laboratorium di seberang jalan. Anna berlari ke lab untuk mencari tahu apa yang terjadi. Ketika ia sampai di lab, ada dua sosok yang terlihat seperti orang. Salah satunya pendek dengan rambut acak-acakan dan memegang boneka teddy bear, dan yang satunya agak tinggi menggunakan jas lab. 

Anna tidak mengenali kedua orang itu, jadi ia menyinari senternya dan ternyata mereka adalah Dr. Limerick, ilmuwan yang bekerja di lab itu, dan Jonny, adik laki-laki Anna. "Jonny?" Anna berkata dengan suara kaget, "Apa yang kamu lakukan di sini?" Dia bertanya. "A..A..." ucapnya dengan suara ketakutan. 

"Kamu tahu kamu tidak boleh menyeberang jalan sendirian! kau bisa tertabrak," Jelas Anna, "Dr. Limerick, suara apa yang datang dari lab itu?" Lanjut Anna, "Sepertinya seseorang mencuri shrink ray yang saya dan para ilmuwan lain sudah susah payah buat."Jawab Dr. Limerick  "Apakah kamu melihat wajah orang yang mencurinya?" Tanya Anna  

"Tidak, pencuri itu mengambilnya dengan cepat dan langsung kabur" Jawab Dr. Limerick  "Tidak Usah khawatir Dr. Limerick, aku akan membantumu menemukan pelakunya besok sepulang sekolah," Ucap Anna  "Terima kasih Anna" kata Dr. Limerick sambil melambaikan tangan pada Anna dan Jonny.

Keesokan harinya, ketika Anna sedang makan siang di sekolahnya, banyak temannya yang bercerita bahwa mereka juga mendengar suara keras tadi malam. Kemudian ia duduk dengan sahabatnya Jane, Naomi dan Keisha. Nama belakang Naomi adalah Limerick, dan dia pergi ke lab setiap hari sepulang sekolah untuk menemani ayahnya saat dia bekerja. Anna meminta teman-temannya untuk membantu dia dan Dr. Limerick menemukan shrink ray yang hilang. "Tentu saja kami akan membantu" jawab teman-teman Anna. 

Sepulang sekolah, Anna pergi ke rumah Naomi untuk menemui Dr. Limerick untuk menanyakan beberapa pertanyaan kepadanya terkait kejadian tadi malam. Dia membunyikan bel, tetapi tidak ada yang menjawab. Lalu ia mengetuk pintu dan akhirnya Nyonya Limerick pun menjawab. "Oh hai Anna, masuklah dan silakan duduk" kata Nyonya Limerick. "Maaf, saya tidak membuka pintu saat kamu tadi membunyikan bel, sejak kemarin bel pintu kami memang rusak," Kata Nyonya Limerick "Tidak apa-apa" Jawab Anna "Ngomong-ngomong apa yang kau lakukan kemarin larut malam Nyonya?" Anna bertanya. "Apa yang kamu maksud dengan larut malam?" Nyonya Limerick bertanya balik. "Kemarin adik laki-lakiku dan Dr. Limerick berada di lab pada tengah malam." Kata Anna. "Masa sih? Tidak mungkin, jam kerja Dr. Limerick hanya dua belas jam. Dari pukul 07:00 sampai 19:00"

Anna kembali ke lab untuk mencari Dr. Limerick, tetapi ia malah menemukan Naomi, Jane dan Keisha. Mereka menanyakan kemana saja Anna pergi selama ini, tetapi Anna takut untuk menjawab, jadi ia hanya mengatakan bahwa ia sedang mencari pencuri shrink ray. "Aku rasa aku harus pergi ke kamar mandi. Aku meminum terlalu banyak jus stroberi" Kata Anna. Teman-teman Anna semakin curiga karena Anna tidak suka jus strawberry.

Anna pergi ke kamar mandi dan melihat Dr. Limerick keluar dari ruang staf. Anna semakin penasaran karena ruang staf sebenarnya masih dalam renovasi. Anna masuk ke dalam ruang staf dan menemukan jas lab Dr. Limerick yang terlihat seperti menyembunyikan sesuatu di bawahnya. Anna mengangkat jas tersebut dan menemukan shrink ray yang hilang. "Akhirnya! Aku harus memberi tahu teman-temanku!" Dia berkata dengan senyum lebar di wajahnya. 

Anna tidak tahu bahwa teman-temannya sedang berada tepat di luar pintu kamar mandi mencarinya dan tanpa sengaja mendengar apa yang dia katakan "Beritahu kami apa?" Tanya Keisha. "Apa yang kalian lakukan di luar pintu ruang staf?" kata Anna. "Kami mencarimu. Saat kamu mengatakan kamu minum terlalu banyak jus stroberi, kami curiga ada sesuatu yang terjadi karena kami tahu kamu tidak suka jus stroberi," Kata Naomi. "Apa yang kamu lakukan di sini?" Jane bertanya. "Aku rasa aku bisa memberi tahu kalian tentang kecurigaanku sekarang setelah aku tahu itu benar, Dr. Limerick mencuri shrink ray dan menyembunyikannya disini." Anna menjawab.

"Apa yang membuatmu berpikir bahwa ayahku yang melakukannya?" Naomi bertanya. "Ketika aku mengatakan aku sedang mencari pelakunya, aku sebenarnya berada di rumahmu untuk menanyakan beberapa pertanyaan kepada Ayahmu tentang shrink ray, dan Nyonya Limerick mengatakan bahwa Ayahmu selalu pulang pada pukul 19:00. Kemudian saya curiga karena dia ada di lab pada tengah malam. Jadi saya pergi ke kamar mandi dan melihat Dr. Limerick keluar ruang staf dan melihat jas labnya menyembunyikan sesuatu di bawahnya, lalu saat kubuka aku melihat shrink ray" Jawab Anna "Kenapa kamu tidak memberi tahu kami tentang ini sebelumnya?" Naomi bertanya. "Aku tidak ingin kamu marah padaku karena aku curiga terhadap Ayahmu" Kata Anna. "Anna, aku tidak bisa marah padamu karena memiliki kecurigaan, kamu harus tahu bahwa kamu selalu dapat mempercayai teman-temanmu." Ucap Naomi.

                                                        -SELESAI-

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun