Mohon tunggu...
Fatima Nadine
Fatima Nadine Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar SMAN 28 JAKARTA

XI MIPA 1 (15)

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pekerjaan Baru dan Pekerjaan yang akan Hilang di Masa Depan

30 Agustus 2020   22:47 Diperbarui: 30 Agustus 2020   22:59 729 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pekerjaan Baru dan Pekerjaan yang akan Hilang di Masa Depan
i-5f4bcb5b097f3653f474fb92.jpg

Virus corona telah mengubah pasar kerja secara drastis. Pandemi global ini berdampak serius pada ekonomi dan dunia pekerjaan yang memiliki konsekuensi jangka panjang dan akan mengubah masa depan kita. Akan ada beberapa sektor, perusahaan, dan pekerja yang mungkin mendapatkan manfaat dari tragedi ini. Tetapi, ada juga sektor industri yang dirugikan. Banyak orang akan kehilangan pekerjaan dan sulit untuk menemukan pekerjaan baru.

Pemerintah telah memerintahkan kami untuk tetap beraktivitas di dalam rumah dan melakukan karantina untuk menghentikan penyebaran virus corona. Perusahaan telah meminta karyawannya untuk bekerja dari rumah. Kepala sekolah juga meminta guru dan murid-muridnya untuk melakukan aktivitas belajar-mengajar di rumah. Karena adanya batasan, orang tidak bepergian, naik pesawat, makan di luar, menginap di hotel atau menghadiri konser dan acara besar. Kebiasaan saat ini akan terus berlanjut bahkan setelah kita berhasil mengalahkan wabah.

Yang diuntungkan dari pandemi ini adalah perusahaan yang berhubungan dengan kesehatan dan perusahaan yang tidak bergantung pada lokasi fisik terutama mereka yang memiliki keberadaan online yang kuat seperti perusahaan farmasi yang menangani pengobatan penyakit, perusahaan teknologi, dan layanan seperti Zoom yang memudahkan orang bekerja dari rumah.

 Berikut adalah pekerjaan baru yang kemungkinan akan bertambah dan terkenal di masa depan:

1. Penguji Covid-19
Para pekerja ini akan melakukan tes swab di rumah sakit, panti jompo, pabrik,  kantor, dll. Posisi tersebut kemungkinan akan diisi oleh perawat terdaftar dan asisten perawat. Gajinya bisa mencapai Rp. 650,000 per jam. Peluang ini terbuka bagi banyak orang yang mau berinvestasi dalam pelatihan keterampilan.

2. Pelacak kontak
Pelacak kontak kerjanya adalah menghubungi orang-orang yang mungkin tertular virus untuk memberikan informasi dan mencoba merencanakan tes covid-19 dengan orang tersebut. Pekerjaan ini sangat penting untuk mengurangi penyebaran virus corona.

3. Pengecek suhu

Di era pandemi ini, semua tempat kemungkinan besar diharuskan untuk memiliki pekerja yang memeriksa suhu orang-orang seperti di perusahaan, bandara, stadion olahraga, mall, restoran, sekolah, dan lain-lain untuk memenuhi protokol kesehatan, oleh karena itu akan tambah banyak pekerja pengecek suhu di masa depan.

4. Pembuat masker wajah
Menurut beberapa prediksi, kita akan memakai masker wajah selama pandemi corona yang bisa saja selesai 5 tahun lagi, sehingga permintaan terhadap masker wajah akan sangat banyak dan akan making banyak karyawan pembuat masker wajah.

8. Teknisi zoom
Saat pengajar beradaptasi dengan ruang kelas virtual, dan dokter melakukan diagnosa melalui layar, ada kebutuhan yang semakin meningkat akan dukungan teknis platform video. Oleh karena itu, teknisi zoom bisa jadi pekerjaan yang terkenal di masa depan.

Sebaliknya, yang dirugikan dengan pandemi adalah perusahaan yang bergantung pada lokasi fisik dan perusahaan yang menyediakan kebutuhan tersier yaitu yang tidak terlalu penting untuk manusia seperti hotel, pariwisata, transportasi udara dan laut, bioskop, dan konser.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan