Mohon tunggu...
Fatimah
Fatimah Mohon Tunggu... Guru - IRT dan penulis

Menulis adalah hobi yang akan saya lakukan selama saya bisa menulis untuk terus menebar manfaat bagi sesama.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Kelas Lunas Utang Indscript Creative

3 September 2022   23:09 Diperbarui: 3 September 2022   23:12 82 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Utang adalah sesuatu yang meresahkan untuk sebagian orang. Mereka akan berupaya untuk segera melunasi, agar tidak terlalu lama memikirkan beban karena mendapat pinjaman dari orang lain. Bisa terbebas dari utang, merupakan sebuah kebahagiaan. Bagaimana caranya agar utang bisa lunas dengan cepat?

Indari Mastuti Founder Indscript Creative: Hutang Dilunasi Bukan Dipikirin!

Indari Mastuti, perempuan hebat pendiri Indscript Creative menjelaskan bahwa ketika seseorang mempunyai hutang, hendaknya bukan meratapi diri karena merasa betapa menderita menanggung beban berutang, melainkan harus berupaya untuk melunasinya.

Indari Mastuti, selain pendiri Indscript Creative juga mendirikan komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB), Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN), Sekolah Perempuan selalu menebarkan semangat kerja yang tinggi, agar anggota komunitas yang dibimbingnya dapat mencukupi kebutuhan secara mandiri, sehingga tidak terlibat dalam berutang.

Ketika melakukan pendampingan di komunitas, Indari Mastuti tidak segan untuk berbagi ilmu. Baik ilmu tentang menulis dan ilmu mengenai bisnis. Adanya Penggerak Sekolah Perempuan, sebagai bukti bahwa Indari selalu totalitas dalam mendampingi komunitas yang ada di bawahnya.

Siapapun perempuan Indonesia, dapat bergabung dalam komunitas yang dibimbing langsung oleh Indari Mastuti, dengan syarat mau bekerja keras, siap belajar dan mempunyai mindset positif untuk mau bergerak maju bersama.

Menurut Wikipedia utang merupakan sesuatu yang dipinjam, baik berupa uang maupun benda. Seseorang yang meminjam disebut debitur, sedangkan yang memberikan pinjaman dinamakan kreditur.

Agar tidak terlalu lama menanggung beban utang, ada beberapa tips berikut yaitu menyusun daftar hutang, berhemat, menyisihkan penghasilan, dan mencicil utang tersebut.

Pertama ketika anda bersungguh-sungguh untuk melunasi utang, mendaftar semua utang anda. Daftar ini berguna untuk mendahulukan utang mana yang harus dilunasi terlebih dahulu. Langkah selanjutnya yaitu menghemat pengeluaran sebisa mungkin. Siapkan daftar khusus, untuk mencatat apa saja yang akan anda butuhkan. Pilah kebutuhan yang harus didahulukan, agar pengeluaran menjadi lebih terencana.

Agar utang anda berkurang, anda harus mencicilnya dari menyisihkan penghasilan. Dalam mengalokasikan uang belanja anda, sisihkan sedikit tetapi rutin, anggaran untuk melunasi utang. Simpan di tempat yang terpisah, agar tidak anda pakai untuk kebutuhan yang lain.

Tidak akan berkurang utang anda, tanpa berusaha mencicil untuk membayar. Sebaiknya tidak usah menunggu tersedia uang dalam jumlah yang banyak, untuk mencicil utang. Hal ini akan meringankan beban anda dalam proses pelunasan utang.

Kelas Lunas Utang di Indscript Creative

Indscript Creative, perusahaan yang bergerak dalam jasa penulisan, penerbitan buku dan training online membuat program kelas Lunas Utang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan