Mohon tunggu...
Fatimah Bilqis
Fatimah Bilqis Mohon Tunggu...

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014 | Pecinta black coffee and tea | hanya seorang perempuan yang suka jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Bukit Parangndok, Sisi Lain Pantai Selatan

21 Mei 2015   03:37 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:46 148 0 1 Mohon Tunggu...

Bukit Parangndog, different side of Pantai Selatan diatas bukit paralayang

Long weekend telah tiba. Kota mana yang ingin kamu kunjungi selanjutnya?Jogja!!! Oke sebelum bersiap kesana ada reccomended place buat kalian yang ingin liburan ke Jogja, bisa masuk list Place wanted kalo sedang liburan ke Jogja.

Ketika ke pantai Parangtritis pasti kita akan melihat bukit yang menjulang tinggi di sebelah Timur pantai tersebut. Di bukit tersebut biasanya digunakan untuk kegiatan paralayang dan gantole. Dari bukit tersebut kita bisa melihat deretan pantai selatan dari ujung Timur hingga ujung Barat. Menariknya lagi dari sana juga terlihat hamparan samudra hindia yang seolah menyatu dengan awan. Selain itu dikawasan tersebut masih sangat natural. Tidak banyak terdapat rumah penduduk atau penginapan, bahkan warung-warung juga sedikit sekali jumlahnya. Ketika berada disana suasana pedesaan akan sangat terasa, karena banyak pepohonan dan tumbuhan liar.Tebing paralayang ini atau yang biasa disebut parangkusumo terbilang masih sepi dari pengunjung. Apalagi jika kesana pada waktu weekdays.

pemandangan disekitar bukit

Sayangnya untuk pergi kesana harus menggunakan kendaraan pribadi. Bisa dengan motor atau mobil. Lebih nyaman menggunakan mobil karena jalanan akan menanjak sewaktu naik ke atas bukit. Lokasinya pun tidak sulit, jika ingin kesana kita tinggal mengikuti jalan kearah pantai parangtritis. Dari arah lokasi loket pantai, lutus terus ke arah Pantai Parangtritis. Ketika hampir sampai di pantai parangtritis, nantinya akan terlihat tebing yang tinggi. Nah tinggal mengikuti jalan menanjak kearah tebing tersebut yang memasuki daerah Pangang, Gunung Kidul. Harap berhati-hati karena jalan kesana menanjak dan kurang bagus sehingga harus ekstra fokus ketika melewatinya. Ikuti jalanan menanjak tersebut hingga menemukan pertigaan, ambil ke arah kanan. Setelah itu tinggal lurus mengikutijalan yang menanjak hingga kita menemukan sebuah rumah dan sebuah camp disebelah kanan jalan. Dirumah itu kita bisa memarkirkan kendaraan motor maupun mobil untuk selanjutnya berjalan kaki ke atas bukit. Untuk ke atas bukit kita bisa berjalanan kaki dari jalan setapak yang berada tepat di samping rumah tadi. Tidak terlalu lama kok, jadi jangan takut kelelahan.

jalan menuju ke puncak bukit

Sesampainya disana, Anda akan disambut dengan pesona pantai-pantai selatan yang membentang. Waktu yang paling tepat wisata ke parangkusumo adalah ketika pagi hari sebelum matahari terlalu terik dan pada waktu sore hari ketika matahari akan kembali ke peraduannya. Tebing yang menghadap ke arah Barat tersebut sangat cocok digunakan untuk melihat sunset. Apalagi jika bersama teman-teman atau orang terkasih.

Persiapkan perlengkapan wisata sebelum pergi kesana, semacam tikar, makanan dan minuman. Hal itu adalah kebutuhan wajib karena diatas tebing nanti tidak ada penjual makanan. Jangan lupa membawa topi dan sunglassess karena ketika siang hari matahari akan terasa terik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x