Mohon tunggu...
Fatimah azzahra
Fatimah azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa

talk more, action more

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Restu Mereka untuk Jalan Hidupku

2 Juli 2020   22:52 Diperbarui: 2 Juli 2020   22:57 33 4 0 Mohon Tunggu...

Masa SMA adalah masa yang banyak terciptanya kegaduhan dalam diri seorang insan. Hai, perkenalkan aku adalah seseorang yang namanya tertera dalam profil tulisan ini. Terima kasih telah mampir hingga kata terakhir yang akan aku torehkan nanti. Barang kali disini ada yang memutuskan masuk SMA karena ada saran yang tidak dapat tertolakkan.

Teman-teman, ketika SMP dulu, aku ingin memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikanku di SMK atau sekolah kejuruan. Karena aku berfikir, aku ingin segera kerja, kerja dan kerja seperti yang biasa presiden kita ucapkan. Bahkan aku sudah survei ke sekolah kejuruan itu bersama temanku haha.

Namun nyatanya, aku bukan pemilik sah atas apa yang aku inginkan. Keluarga ikut ambil bagian mengenai masa depanku. Mereka khawatir untuk waktu yang belum pasti. Ya, mereka seperti itu karena mereka sayang aku.

Bagaimana aku bisa menentangnya ketika itu adalah caraku mendapatkan ridho-Nya ?. Saat itu aku berusia 15 tahun, mudah bagiku menerima saran dan hasutan dari banyak pihak haha. 

Akhirnya, keputusanku mantap. Mimpiku tetap sama, namun jalan yang ku tempuh berbeda. Aku menemukan jalan lain yang bisa membantuku meraih mimpiku. Bukankah hidup memang demikian, manusia hanya bisa berencana dan Tuhan yang memutuskan hasilnya akan seperti apa. 

Cintai prosesnya, agar kita menghargai hasilnya. Jalan ini membuatku memutuskan untuk melanjutkan jenjang pedidikanku di SMA. Kepada teman sebangkuku yang sudah survei SMK bareng bersamaku kala itu, maaf kita harus berpisah. 

Kenapa kok jadi SMA ? Kala itu, gimana ya bilangnya wkwk, pokoknya kakak aku sebagai orang yang membantu aku untuk mengambil keputusan itu bilang kalo tahun aku kerja nanti, perusahaan butuh karyawan minimal S1 untuk dipekerjakan.

Selain itu, dengan adanya ijazah S1 dapat lebih menunjang karir kita nantinya. Menunjang disini maksudnya kek kita bisa naik jabatan lebih mudah, karena ga sedikit karyawan lulusan SMK yang akhirnya memutuskan untuk kuliah mengambil kelas karyawan bukan ? nah, hal itulah yang akhirnya menjadi pertimbanganku untuk masuk SMA.

Dan disaat aku SMP itu rumor yang beredar adalah kalo kita mau kuliah kita harus ambil jurusan yang sama seperti ketika SMK. Itu berlaku kalo aku masuk SMK ya. Makanya, aku nyari aman aja dah pokoknya masuk SMA. Alhamdulillah, orang tua ridho dan aku keterima di salah satu SMA Negeri di Ibu Kota. 

Awal masuk SMK ga ada bedanya saat kita SMP. Hanya mungkin, teman-teman yang sama jumlahnya sangat sedikit. Wajar. Aku kira, perjuanganku telah selesai ketika aku berhasil masuk SMA. Ternyata ada rintangan lagi yang harus aku lalui untuk bisa semakin dekat dengan mimpiku. BTW, hingga saat ini, mimpiku masih konsisten sejak TK dulu hehe.

Aku ingin mengabdi menjadi guru. Doakan yah, semoga ada jalan untuk mencapainya. Rintangan yang harus kutaklukan adalah bagaimana caranya aku bisa kuliah tanpa harus memberatkan orang tuaku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x