Ekonomi

Peran E-Banking terhadap Generasi Milenial

16 Mei 2019   09:13 Diperbarui: 16 Mei 2019   09:48 3 0 0

BAB  I

PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Dengan berkembangnya dunia teknologi informasi saat ini, telah tercipta jenis-jenis dan peluang bisnis yang baru. Dimana transaksi bisnis banyak dilakukan secara elektronik dan dapat diakses oleh semua golongan usia, terlebih kalangan muda yang tampaknya tidak bisa terlepas dari gadget mereka dan kita mengenalnya dengan sebutan anak-anak/generasi milenial. Anak-anak/generasi millennial ini sangat up-date dengan perkembangan teknologi dan menginginkan segala sesuatu yang praktis (dapat dioperasikan lewat gadget), cepat, di segala tempat dan disetiap waktu tanpa harus secara khusus membuang energi untuk pergi ke bank dan bersedia antri, hanya untuk sekedar transfer, membeli pulsa, mengisi e-money ataupun untuk membayar uang sekolah dan lain sebagainya.

Sebagai solusi atas kebutuhan generasi millennial tersebut, perbankan menyediakan fasilitas e-banking (elektronik banking) yang dapat dengan mudah diaplikasikan. Dengan cukup mendownload aplikasi mobil banking baik melalui android (play store) maupun i-phone (app store) di handphone kita, maka dengan begitu kita sudah bisa melakukan transaksi perbankan yang kita inginkan seperti pembelian pulsa, belanja online, transfer ke antar rekening bank maupun ke bank lain di dalam negeri dan lain-lain. Guna memenuhi tuntutan yang lebih luas maka perbankan mengembangkan produk E-banking kedalam 2 jenis yaitu, e-banking berbasis konvensional dan e-channel. E-banking berbasis e-channel meliputi: Automatic Teller Machine (ATM), Electronic Data Capture (EDC)/Point Of Sales (POS), Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking dan Electronic Commerce (e-Commerce). ATM non Tunai dan CDM (Cash Deposit Machine) dapat digunakan untuk menyetor uang melalui mesin ATM dan e-banking berbasis personal chennel atau perangkat piranti bertransaksi yang dimiliki individu. Seperti internet banking dan mobile banking.

1.2    Perumusan Masalah

 Apa itu e-banking?

 Apakah e-banking sudah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat saat ini?

 Bagaimana teknologi informasi bisa menjadi solusi terhadap kebutuhan generasi millennial untuk mengenal dan melakukan transaksi perbankan kapan saja?

1.3    Pembatasan Masalah

Agar sasaran pembahasan atas rumusan masalah tercapai, maka perlu adanya pembatasan objek/masalah yaitu peranan e-banking khususnya mobile banking untuk generasi millennial.

1.4    Tujuan Penelitian

 Mengenal lebih dekat siapakah yang dimaksud sebagai generasi millennial.

 Agar generasi millennial tidak buta dan lebih mengenal perkembangan transaksi perbankan dan up to date.

 Mempermudah dalam menjalankan transaksi keuangan melalui gadget.

 Aman dan nyaman bagi generasi millennial dalam menjalankan transaksi perbankan secara praktis, cepat, kapan saja dan dimana saja.

1.5    Teknik Pengumpulan Data

Dalam penulisan karya tulis ini, penulis menggunakan study pustaka beberapa sumber data melalui media buku, internet, brosur dan angket.

                                                              

BAB  II

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12