Mohon tunggu...
Fathul Ghina
Fathul Ghina Mohon Tunggu... Administrasi - Staff Administrasi

Hobi saya traveling dan saya sangat bekerja keras untuk menggapai cita-cita saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kritik dan Harapan terhadap Bangsa

1 Oktober 2022   17:50 Diperbarui: 1 Oktober 2022   17:51 61 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tindak korupsi di indonesia sudah semakin meningkat, banyak terjadi kasus tindak korupsi dimana-mana, jika hal ini semakin menjadi-jadi maka akan menyebabkan kerugian bagi bangsa indonesia, indonesia akan mengalami krisis moneter, masyarakat terlantar, dan haknya merasa direbut oleh seseorang yang melakukan tindak korupsi, indonesia menjadi sulit untuk berkembang menjadi negara maju. Korupsi itu memakan uang rakyat, uang yang seharusnya untuk mensejahterahkan rakyat kini dihabiskan untuk kepentingan individu oleh para tikus-tikus negara.

Inilah permasalahan bangsa indonesia , yang apabila dibiarkan begitu saja tentu akan mengancam keberlangsungan perjalanan bangsa indonesia untuk menjadi negara maju. Betapa tidak, kita menghadapi fakta bahwa korupsi telah menjadi penyakit disegala sektor penting hajat hidup orang banyak. Indonesia sebagai negeri  yang tengah berkembang hari ini dihadapkan dengan sebuah persoalan berat yaitu korupsi. Hampir seluruh sektor penting di negeri ini harus rela menerima dampak buruk dari tindak pidana korupsi.

Ada yang menyatakan bahwa korupsi ibarat penyakit 'kanker ganas' yang sifatnya tidak hanya kronis tapi juga akut. Ia menggrogoti perekonomian sebuah Negara secara perlahan, namun pasti. Penyakit ini menempel pada semua aspek bidang kehidupan masyarakat sehingga sangat sulit untuk diberantas.

Korupsi bisa dilakukan oleh semua orang, mulai dari pejabat sampai rakyat biasa. Butuh kesadaran dari diri sendiri dan aparat penegak hukum untuk bertindak lebih keras lagi. Harapan saya mengenai kasus korupsi di indonesia yaitu, di indonesia haruslah adil dan jujur, berantas korupsi sampai ke akarnya. Cara memberantas korupsi yaitu dimulai dari diri sendiri, dengan cara menanamkan kejujuran dalam diri kita, melakukan hal-hal yang baik, serta menguatkan iman dan takwa.

Lalu sebagai mahasiswa kita haruslah peduli, mengajarkan , dan mengajak masyarakat agar mempunyai jiwa anti korupsi, agar menghindari perbuatan yang menyangkut tentang tindak korupsi, terutama pada generasi muda, karena generasi muda merupakan calon pemimpin negara, agar negeri ini kedepannya bebas dan bersih dari korupsi dan bisa menjadi negara yang lebih maju.

Untuk memberantas korupsi dibutuhkan kerjasama antara masyarakat dengan aparat penegak hukum yang adil, jika ingin indonesia bebas dari korupsi. Jadi korupsi di indonesia harus diberantas dan keadilan harus ditegakkan demi mensejahterakan bangsa, dan saya yakin indonesia akan lebih maju dan kehidupan rakyatnya terjamin, tidak akan ada lagi rakyat yang merasa haknya direbut. Jika korupsi tiada, indonesia akan hidup aman, nyaman ,tentram, sejahtera dan makmur serta damai. Indonesia membutuhkan orang yang jujur, yang amanah terhadap apa yang dilakukannya, kita harus melakukan yang terbaik untuk negeri ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan