Mohon tunggu...
fathiapuan
fathiapuan Mohon Tunggu... Wiraswasta

Tulisanku adalah caraku berbagi dunia yang kulihat. Suka menulis dan membaca membuatku terus belajar dan memahami berbagai perspektif dari berbagai sisi. Di Kompasiana, aku berharap bisa berbagi inspirasi, cerita, dan pemikiran yang memperkaya kita semua

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kepemimpinan Kepala Sekolah : Dari Meja Administrasi ke Ruang Inspirasi

2 Oktober 2025   23:31 Diperbarui: 2 Oktober 2025   23:31 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber ilustrasi : https://i.pinimg.com/1200x/be/8e/c7/be8ec7475cabb76be07802099b180ad3.jpg

Mata Kuliah                       : Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan
Dosen Pengampu             : Dr. Dr. Dra. Hj. NENG NURHEMAH, M.Pd

FATHIA PUAN LUTHFIA ARRIFA

Mahasiswa/241012700083

Membaca Ulang Peran Kepala Sekolah

Kepemimpinan kepala sekolah di Indonesia sering kali dihadapkan pada dilema antara tuntutan administratif dan tanggung jawab moral sebagai pendidik. Dalam teori yang kita pelajari di kelas, kepemimpinan pendidikan tidak semata-mata soal mengelola sekolah, melainkan bagaimana seorang pemimpin mampu menggerakkan komunitas belajar menuju perubahan yang bermakna (Bush, 2011). Sayangnya, realitas di lapangan sering memperlihatkan betapa kepala sekolah masih terjebak dalam rutinitas birokrasi, dari urusan laporan BOS hingga akreditasi, sehingga energi untuk membangun visi transformasional sering terkuras.

Kepemimpinan semacam ini jelas tidak cukup untuk menjawab tantangan zaman. Kepala sekolah dituntut lebih dari sekadar manajer, melainkan sebagai agen perubahan yang mampu menumbuhkan harapan, memberdayakan guru, dan menginspirasi siswa. Inilah yang disebut Howard Stevenson (2012) sebagai educative leadership, kepemimpinan yang berangkat dari semangat mendidik, menguatkan, dan memerdekakan. 

retrieved from : https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9780429505102/educational-leadership-antonio-gramsci-howard-stevenson

Teori Kepemimpinan dan Praktiknya di Indonesia

Teori transformational leadership (Bass & Riggio, 2006) menekankan bahwa pemimpin sejati adalah mereka yang mampu memberi inspirasi, menumbuhkan motivasi, serta membangun kesadaran kolektif untuk bergerak bersama. Jika dikaitkan dengan konteks sekolah, kepala sekolah dengan gaya kepemimpinan transformasional akan lebih fokus membangun budaya belajar, menciptakan iklim positif, dan mendorong inovasi guru.

retrieved from : https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9781410617095/transformational-leadership-bernard-bass-ronald-riggio

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun