Mohon tunggu...
Fathia Natasyafira
Fathia Natasyafira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan seorang mahasiswa yang sedang berada di jenjang akhir masa perkuliahan. Menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah hal yang sangat menyenangkan karena disini saya banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat dalam kehidupan saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Eksistensi Praktisi PR Internasional di Kancah Internasional

18 Februari 2023   13:21 Diperbarui: 18 Februari 2023   13:27 937
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya, bahwa public relations atau praktisi humas adalah sebuah fungsi manajemen yang berkaitan dengan usaha untuk membangun hubungan saling menguntungkan antara instansi/perusahaan/organisasi dengan publiknya. PR sebagai jembatan antara instansi/perusahaan/organisasi dengan publiknya, baik terkait dengan publik eksternal, maupun internal, dalam sebuah proses komunikasi agar tercipta hubungan yang efektif berdasarkan landasan mutual understanding guna mencapai tujuan organisasi. PR sendiri juga berfungsi untuk menciptakan citra positif dari suatu instansi/perusahaan oleh sebab itu, posisi PR di suatu instansi/perusahaan sangatlah penting.

Adanya berkembangnya kehidupan masyarakat yang begitu cepat dan semakin kompleks, kehadiran globalisasi yang mengaburkan batasan-batasan antara negara, arus informasi komunikasi global dan sebagainya mengarahkan pada terjadinya hubungan yang melibatkan antar satu negara dengan negara lain. Agar hubungan dapat tetap terjalin dengan baik, maka disinilah peranan dari PR Internasional dibutuhkan. 

Menurut Wilcox et al. (2001:283), "PR Internasional adalah upaya terencana dan terorganisir dari perusahaan, institusi atau pemerintah untuk membangun saling menguntungkan hubungan dengan publik dari negara lain". Sedangkan menurut Wakefield (2003:180) PR internasional adalah: "program multinasional yang memiliki hubungan koordinasi antara kantor pusat tertentu dengan berbagai negara di mana kantor dan atau publik berada di lebih dari satu negara ".

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa PR Internasional merupakan suatu aktivitas komunikasi organisasi (multinasional) yang direncanakan, sebuah organisasi multinasional atau institusi internasional atau pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang positif dan reseptif melalui interaksi di negara target yang memfasilitasi organisasi (atau pemerintah) untuk menerima kebijakan atau tujuan bisnisnya tanpa merugikan kepentingan publik tuan rumah.

Oleh sebab itu, praktisi PR Internasional juga harus mampu untuk memahami dan menguasai komunikasi internasional. Pada dasarnya, fungsi komunikasi internasional adalah usaha untuk menginformasikan, mempengaruhi, dan melibatkan publik global untuk mendukung kepentingan nasional.Komunikasi internasional digunakan oleh berbagai negara untuk menjawab berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi. Dalam rangka menjaga stabilitas politik serta keamanan regional, maka perlu adanya pemahaman serta penguasaan terhadap komunikasi internasional dalam rangka menyeimbangkan pola dan struktur komunikasi internasional.

Lembaga PR internasional sendiri memainkan peran signifikan dalam prakteknya. Jaringan ini memiliki kantor di berbagai negara. kantor "lokal" dengan pengetahuan (termasuk bahasa dan budaya), keahlian dan hubungan mereka dengan media memberikan kredibilitas lebih untuk tindakan komunikasi yang juga memperkuat legitimasi kampanye. Mempekerjakan praktisi PR berarti bahwa pesan disesuaikan pendekatan lokal dan terhadap kebutuhan publik di negara tuan rumah. Dalam pengertian ini, organisasi-organisasi multinasional beradaptasi dengan budaya tuan rumah negara melalui PR dan PR internasional menjadi domestik PR.

Melalui jaringan mereka, lembaga PR internasional melokalisasi kampanye internasional dan pada saat yang sama memberi sumbangan besar pada praktek globalisasi. Tentu, dengan kehadiran globalisasi, teknologi dan komunikasi semakin berkembang dengan pesat sehingga manusia memanfaatkan teknologi yang baru yang sudah semakin terjangkau dan mudah digunakan. Sebuah organisasi multinasional dapat langsung berbicara dengan publik asing melalui website, atau sekarang dengan maraknya penggunaan media sosial, kita juga bisa reach out mengenai perusahaan/organisasi dunia yang ingin kita ketahui. Ini berarti bahwa internet menjadi pusat untuk setiap kegiatan/program PR Internasional.

PR Internasional memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat internasional. Seperti dalam rangka membangun hubungan politik melalui diplomasi, mengadakan konferensi pers, mengadakan event-event pertunjukan budaya antarnegara, dan masing banyak lagi. Hal ini berkaitan dengan salah satu aktivitas/program kegiatan dari PR Internasional dalam rangka mengadakan special event atau kegiatan khusus. 

Salah satu tugas PR Internasional dalam mengadakan special events (kegiatan khusus) dirancang dapat berupa pameran, konferensi pers maupun kegiatan tahunan perusahaan, seperti acara ulang tahun. Ruslan (2007:142) mengemukakan jika model promosi tradisional atau konvensional mungkin hanya memfokuskan pada keistimewaan dan manfaat suatu produk (product feature and benefits), sedangkan special event adalah bagaimana merancang kemasan produk, gengsi, trendi, hingga menanamkan daya ingat lebih kuat (awareness) di benak konsumen atau publik sasarannya.

Menyambung pemaparan diatas, bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan khusus ini sendiri adalah untuk mendapatkan personalitas serta citra yang tepat dari perusahaan/instansi bersangkutan yang merupakan suatu prioritas utama dalam menjalin hubungan. Selain mendapatkan personalitas/nama, diadakannya suatu kegiatan khusus ini adalah agar mendapat dukungan publik atau media pers serta meningkatkan pengetahuan atau knowledge publik terhadap instansi/perusahaan. Proses publikasi melalui komunikasi timbal balik pun pada akhirnya akan menghasilkan sebuah publisitas yang positif bagi instansi/perusahaan yang bersangkutan. Oleh sebab itu, penting untuk diadakannya sebuah special event.

Munculnya sebuah wabah virus yang berasal dari Wuhan, Cina dengan nama virus Covid-19, yang mengakibatkan krisis dunia di hampir seluruh bidang kehidupan. Tak terkecuali pada industri ekonomi kreatif, seperti dalam pelaksanaan event berskala internasional yang hampir semuanya ditunda, bahkan dibatalkan. Tentunya hal ini berpengaruh terhadap banyak hal seperti hal perekonomian, hubungan kerjasama antarnegara dan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun