Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Penulis - Bukan Pujangga

Penulis Sederhana - Best in Fiction Kompasiana Award 2022- Kompasianer Teraktif 2020/2021/2022 - ^Puisi adalah suara sekaligus kaki bagi hati^

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Ketika Artikel Saya Dicomot Tanpa Izin

4 Maret 2021   13:48 Diperbarui: 4 Maret 2021   14:11 677
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi www.piqsels.com

Kemarin sore, seorang sahabat kompasianer satu grup WA dengan saya mengeluh. Artikelnya yang sudah dimuat di Kompasiana ternyata dimuat ulang di sebuah situs. Utuh, tanpa editan apapun, walaupun mereka mencantumkan nama author dan sumber artikel. Ternyata banyak artikel-artikel yang sudah tayang di Kompasiana dimuat ulang di situs online lainnya.

Sayapun penasaran dan browsing dengan mengetikan nama saya "Fatmi Sunarya". Apakah tampilan yang keluar adalah foto alay-alay saya?

Eh, ternyata saya menemukan artikel saya juga dimuat ulang di sebuah media online. Hmm...walaupun artikel saya mutunya tidak bagus-bagus banget. Tapi tidak bisa dibiarkan.

Saya segera bereaksi, mengirim email ke redaksi media online tersebut. Seperti tangkapan layar berikut ini.

Tangkapan layar email Fatmi Sunarya/dokpri
Tangkapan layar email Fatmi Sunarya/dokpri

Ternyata redaksi media online itu menanggapi dengan cepat dan membalas email saya. Seperti tangkapan layar berikut ini.

Tangkapan layar email.Fatmi Sunarya/dokpri
Tangkapan layar email.Fatmi Sunarya/dokpri

Semalam artikel saya itu masih ada dan hari ini sudah lenyap. Masalah selesai. Sebenarnya saya tidak keberatan jika ada yang ingin menayangkan artikel saya, dengan catatan meminta izin terlebih dahulu. Puisi-puisi saya juga banyak dipinjam untuk dibuatkan musikalisasi puisi atau share di medsos. Tidak masalah asal meminta izin.

Saya tidak begitu paham tentang undang-undang yang mengatur hak cipta. Berpikiran sederhana saja, jika mengambil sesuatu tanpa izin sama halnya dengan mencuri. Setuju ya.

FS, 4 Maret 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun