Mohon tunggu...
fasya naunah zahara
fasya naunah zahara Mohon Tunggu... Mahasiswa - pendidikan teknik arsitektur | UPI

KKN TEMATIK UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik Bidang Pendidikan di Masa Libur Sekolah

25 Juli 2021   17:59 Diperbarui: 25 Juli 2021   18:03 30 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik Bidang Pendidikan di Masa Libur Sekolah
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bandung, Juli 2021. Pandemi COVID-19 yang memaksa pemerintah meniadakan pembelajaran tatap muka sejak bulan Maret 2020 lalu masih berlanjut hingga saat ini. Kebijakan pembelajaran daring yang sudah berlangsung lebih dari setahun lamanya memberikan dampak yang signifikan pada pelaksanaan berbagai kegiatan kampus, tidak terkecuali kegiatan KKN Tematik yang rutin dilaksanakan setiap semesternya.

Tidak berbeda dari kegiatan KKN tahun lalu, KKN Tematik UPI Tahun 2021 yang mengusung tema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi COVID-19" pun dilaksanakan secara daring. KKN Tematik UPI Tahun 2021 gelombang pertama dimulai dari tanggal 1 Juli dan akan berlangsung selama satu bulan lamanya.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa mengalami tantangan-tantangan tersendiri. Mahasiswa yang memilih bidang pendidikan utamanya mengalami kesulitan karena pembelajaran sekolah baru dimulai di pertengahan bulan Juli, alhasil banyak progress yang akan terhambat karena sebagian besar program yang diwajibkan oleh kampus mengharuskan keterlibatan siswa dan guru dalam pembelajaran. Maka, dua minggu pertama program KKN ini diisi dengan membuat berbagai media pembelajaran berupa video dan poster yang dibagikan melalui beragam media sosial, seperti Instagram, YouTube, dan WhatsApp.

 Namun, ada pula sekolah yang masih mengadakan kegiatan berupa persiapan pembelajaran sebelum dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh bagi siswa di tanggal 19 Juli. Salah satu di antaranya merupakan MI Cahaya yang berlokasi di Kota Cimahi. MI Cahaya mengadakan sosialisasi hasil psikotes kepada orangtua murid baru kelas 1, silaturahmi antar guru dan siswa, serta kegiatan doa bersama untuk Indonesia yang sedang menghadapi pandemi ini.

Sosialisasi hasil psikotes merupakan kegiatan lanjutan dari tes psikotes yang sudah dilaksanakan oleh siswa baru kelas 1 sebelumnya. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk koordinasi lebih jauh dengan orangtua mengenai tujuan dari kegiatan psikotes itu sendiri, dan juga tindakan apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa yang dinilai masih kurang.

Silaturahmi antar guru dan siswa dilaksanakan melalui Zoom Meeting untuk memperkenalkan guru dengan siswa untuk pertama kalinya. Kemudian kegiatan doa bersama dilaksanakan dengan cara yang sama untuk mendorong siswa dan orangtua agar mendoakan Indonesia agar bisa pulih dari pandemic COVID-19 seperti sedia kala.

Untuk ke depannya, kebanyakan guru dan orangtua siswa berharap agar anak-anaknya bisa belajar dengan tatap muka kembali seperti biasanya. Hingga waktu itu tiba, pihak sekolah dan orangtua siswa akan senantiasa bekerja sama demi terlaksananya program pembelajaran jarak jauh dengan semaksimal mungkin bagi siswa.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN