Mohon tunggu...
Rodiatul Adawiyah
Rodiatul Adawiyah Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi

Aku mahasiswi STAI Haji Agus Salim Cikarang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pasca Covid-19 Membawa Masyarakat Mendapatkan Inovasi-Inovasi Baru dan Beradaptasi terhadap Alat Teknologi

23 Mei 2024   09:00 Diperbarui: 23 Mei 2024   09:06 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://bukasemangatbaru.com/7-hobi-baru-setelah-pandemi-covid-reda/

Pandemi Covid 19 diumumkan di Indonesia 2 Maret 2020, telah ditindaklanjuti dengan beberapai bentuk kebijakan bidang kesehatan berupa pembatasan pergerakan atau mobilitas masyarakat di Indonesia yang berdampak luas pada sektor sosial dan ekonomi. Di awal pemmberlakuan pembatasan mobilitas, bahkan terjadi kepanikan pada sebagaian masyarakat dengan melakukan aksi memborong bahan pangan untuk persediaan, memborong produk masker, penjualan masker dengan harga tinggi. Isu ketahanan kesehatan secara nasional, komunal dan individu telah merubah interaksi social dan gaya hidup masyarakat. Hal tersebut semakin terbentuk dengan adanya kebijakan seperti 3 M, New normal, PSBB, dan PPKM.

Akibat adanya Pandemi banyak sektor bisnis terkena dampak yang sangat serius, antara lain sekrtor pariwisata, perdangangan dan investasi. Dampak Covid-19 terhadap UMKM tidak terlepas dari pembatasan mobilitas yang berdampak pada penghasilan dan daya beli masyarakat yang menyebabkan penurunan permintaan konsumen sekaligus berakibat pada penyesuaian penurunan produksi pada sektor produsen dan pelaku usaha. Beberapa upaya pelaku usaha untuk bertahan dan tetap beroperasi dengan pemanfaatan teknologi informasi, adaptasi ecommerce, pelayanan kepada konsumen dan meperhatikan kualitas produk. Dukungan penyesuaian interaksi melalui perdagangan elektronik atau e-commerce, termasuk pemasaran secara digital marketing, disertai peningkatan dan menjaga hubungan dengan para konsumen.

https://www.apparound.com/how-to-build-a-digital-selling-strategy
https://www.apparound.com/how-to-build-a-digital-selling-strategy
Dengan pemanfaatan teknologi sektor perbelanjaan masyakarat menjadi online, tidak hanya itu dalam sekolah pun dilakukan secara daring atau online agar tetep berjalan nya pembelajaran tanpa ke sekolah, dengan alasan dalam lockdown tidak boleh keluar rumah sebelum adanya kebijakan pemerintah.

Dengan adanya alat teknologi yaitu hp & laptop yang biasa digunakan oleh masyarakat dapat membuka inovasi baru dalam memudahkan belajar dan belanja secara online. Namun, tidak memungkinkan menghindari dampak positif dan negatif nya dari belajar secara online dan belanja secara online.

Dan hingga saat ini setelah COVID-19 sudah hilang, aspek yang dikembangkan UMKM dalam mempertahankan eksistensi bisnis selama masa pandemi dan pasca pandemi, berupa aplikasi: 

  • (1) E-commerce Melalui e- commerce, yang dapat dijadikan sebagai solusi praktis dalam menghadapi hambatan penjualan produk dari sisi jangkauan konsumen, sekaligus berperan dalam memperluas pangsa pasar (market share),
  • (2) Digital Marketing sebagai alternative terkini dalam pemanfaatan media pemasaran yang sesuai dengan target pasar
  • (3) Perbaikan Kualitas Produk dan Pelayanan dan 
  • (4) Customer Relationship Marketing (CRM) sebagai upaya membina hubungan pemasaran dengan pelanggan guna meraih sekaligus meningkatkan konsumen yang loyal.


Beberapa penelitian tersebut, diantaranya yang menekankan pada adopsi teknologi e-commerce, hal tersebut sejalan dengan penjelasan Laudon & Traver, (2016) bahwa e-commerce telah menciptakan pasar
digital dengan harga yang lebih transparant, kemudahan akses, bahkan potensi menjangkau pasar global dengan perdagangan yang sangat efisien. Sekaligus secara bertahap membantu hubungan pelaku usaha atau perusahaan dengan pemasok, pelanggan, pesaing dan dapat dengan mudah melakukan pemasaran produk maupun mengadopsi cara pemasaran pelaku bisnis lainnya.

Penyesuaian (adaptasi) sekaligus inovasi berkelanjutan secara dinamis sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan eksternal terutama trend kebutuhan (needs), keinginan (want) dan harapan (expectation) dari target pasar tertentu perlu selalu menjadi atensi dari pelaku bisnis dan dukungan manajemen bisnis guna mempertahankan keberlangsungan bisnis selama dan pasca pandemi Covid 19. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun