Mohon tunggu...
Farisya Eka Fitriani
Farisya Eka Fitriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Digitalisasi Kualitas Pelayanan Administrasi di Kelurahan Simomulyo, Surabaya

9 Desember 2022   03:59 Diperbarui: 15 Desember 2022   09:19 324
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Untuk memenuhi tugas mata kuliah Administrasi Pemerintahan Kota dan Desa Kelas A dosen pengampu  Dr. Endang Indartuti, M.Si

Kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan dalam segala bidang kegiatan kehidupan pada era reformasi saat ini. Terbukti, reformasi informasi dan teknologi membawa pengaruh pada setiap aspek masyarakat dan juga dilingkungan pemerintah. Pemerintah dituntut untuk menciptakan inovasi yang baru dalam sistem pelayanan yang mengharuskan untuk mengikuti perkembangan teknologi sehingga memberikan pelayanan yang efisien kepada warga atau masyarakat. Hal tersebut disebabakan dengan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi. Teknologi informasi memang seharusnya mampu untuk membantu dan menunjang kinerja manusia agar semakin mudah dan cepat untuk segala urusan.

Kelurahan Simomulyo saat ini juga menerapkan inovasi E-Government untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien serta menekan biaya agar lebih hemat dibandingkan pelayanan konvensional atau yang tidak berbasis teknologi. Jenis pelayanan di Kantor Kelurahan Simomulyo diantaranya surat pengantar kartu tanda penduduk, surat pengantar kartu keluarga, surat keterangan usaha, surat keterangan domisili, surat keterangan kurang mampu, surat keterangan ahli waris, surat keterangan kepemilikan tanah, surat keterangan pemasangan listrik, surat keterangan kelahiran, surat keterangan penambahan nama di kartu keluarga. Akses yang begitu mudah dan cepat, membuat E-Government ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat berbasis teknologi yang mampu memberikan layanan prima secara efektif dan efisien.

Untuk mengetahui keberhasilan pelayanan public pada program E-Government, penulis meneliti bagaimana tentang optimalisasi pelayanan publik pada program E-Government di Kelurahan Simomulyo Kota Surabaya, berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Richardus Eko Indrajit, bahwa ada 3 faktor pendukung dalam pelaksanaan E-Government yaitu Support, Capacity dan Value.
a. Support
Elemen pertama dan paling penting yang harus dimiliki adalah support. Support adalah dukungan untuk proses pelayanan publik dalam program E-Government kepada masyarakat. Dukungan dari pemerintah, stakeholder, swasta dan tentunya masyarakat akan sangat berarti bagi jalannya program E-Government ini, karena tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, program ini sangat sulit untuk dicapai. Saran dan kritik sangat dibutuhkan khususnya dari masyarakat selaku penerima pelayanan dari pemerintah guna dijadikan acuan untuk kedepannya pelayaan publik semakin baik dari sebelumnya.
b. Capacity
Elemen kedua ini merupakan adanya unsur kemampuan dari pemerintah dalam menunjang proses pelayanan publik menjadi kenyataan. Dukungan kemampuan pemerintah sangat dibutuhkan dalam pengoptimalisasian pelayanan publik program E-Government adalah kualitas sarana teknologi dalam menunjang pelayanan kepada masyarakat dan ketersediaan SDM yang memadai.
c. Value
Manfaat yang dihasilkan harus langsung terasa di lingkup pemerintahan dan khususnya masyarakat sebagai pelanggan yang harus dirajakan yang paling wajib untuk menikmati manfaat yang diberikan. Kapasitas aparatur harus memadai dalam proses pelayanan sehingga masyarakat yang menerima inovasi pelayanan ini semakin maksimal dalam memanfaatkan teknologi.

Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan tentang Digitalisasi Pelayanan Publik Program E-Government di Kelurahan Simomulyo Kota Surabaya, penulis menyimpulkan bahwa digitalisasi pelayanan administrasi pada program E-Government kepada masyarakat sudah cukup baik. Dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan E-Government ini sudah baik dengan ditandai oleh respon dari masyarakat yang puas dengan pelayanan yang diberikan.

Dari secara keseluruhan penelitian, penulis telah menemukan faktor-faktor yang menghambat jalannya optimalisasi pelayanan berbasis teknologi kepada masyarakat yang berdampak pada perkembangan kualitas pelayanan pemerintah. Penulis memberikan saran yang mungkin dapat dijadikan pertimbangan dalam pembuatan kebijakan pada pelayanan administrasi antara lain :
1. Pemerintah harus selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang telah diberikan
2. Sebaiknya dilakukan evaluasi dan pengecekan rutin terhadap kualitas sarana teknologi yang digunakan untuk menunjang penelitian dan kualitas pegawai yang melayani masyarakat agar
tetap berjalan lancar dan optimal.
3. Sosialisasi yang merata dan menyeluruh harus segera pemerintah lakukan dengan cepat dan tanggap. Hal tersebut harus segera dilakukan karena masih banyak masyarakat yang belum
mengerti tentang penggunaan pelayanan berbasis teknologi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun