Mohon tunggu...
farhastaq
farhastaq Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Seni, budaya, musik, dan film.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Piknik ke Prambanan? Naik KAI Commuter Aja!

4 September 2023   14:31 Diperbarui: 4 September 2023   14:39 1078
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jadwal kereta KRL Commuter Line Yogyakarta. (Dok. pribadi)

Bepergian di Jogja dianggap lebih efektif jika menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. 

Meskipun sudah ada kendaraan umum Trans Jogja, moda transportasi ini hanya menjangkau Kota Jogja dan area Ring Road atau Jalan Lingkar Luar Yogyakarta. Penduduk Kabupaten Sleman, Bantul, dan Kulon Progo tetap harus mengandalkan sepeda motor dan mobil pribadi untuk berlalu lintas.

Situasi ini membuat saya berpikir sejenak saat hendak menonton konser yang berlokasi di Kompleks Candi Prambanan di Kabupaten Sleman. Padahal, saya berdomisili di Kabupetan Bantul. Jarak dari domisili saya menuju lokasi tujuan sejauh 20 kilometer atau sekitar 40 menit perjalanan menggunakan sepeda motor.

Sebenarnya jaraknya cukup dekat dan akses jalan sangat baik. Tapi, ada kah alternatif transportasi lain yang lebih murah, nyaman, dan aman?

Saya teringat bahwa di Jogja sudah ada KRL Commuter Line Yogyakarta dari KAI Commuter. KRL ini termasuk baru karena baru beroperasi sejak tahun 2021. Wah, menarik ini, pikir saya. Tapi apakah bisa sampai ke lokasi tujuan saya di Kompleks Candi Prambanan?

Saya langsung mencari informasi terbaru mengenai KRL Commuter Line Yogyakarta dari KAI Commuter di peramban web. 

Pada awalnya saya agak bingung dengan pengecekan jadwal kereta dan mekanisme pembelian tiket, namun KAI Commuter menawarkan aplikasi seputar KRL. Saya pun memutuskan untuk mengunduh C-Access, aplikasi khusus penumpang KAI Commuter.

Setelah selesai mengunduh dan registrasi akun, saya sangat terbantu dengan informasi jadwal kereta. 

Saya berencana menonton konser hingga tengah malam, namun ternyata jadwal kereta terakhir sekitar pukul 19.30 WIB. Alhasil, saya menyesuaikan dengan jadwal kereta terakhir, dan memastikan saya tetap bisa pulang -- pergi naik KRL Commuter Line Yogyakarta dari KAI Commuter.

Kalau salah lihat jadwal dan telat sedikit, wah, bisa-bisa saya nggak sampai rumah!

Beruntungnya, aplikasi C-Access dari KAI Commuter ini juga memberikan informasi estimasi waktu tiba setiap kereta.

Akhirnya... ada transportasi umum yang jelas kapan berangkat dan sampainya! 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun