Mohon tunggu...
Muhammad FarhanYazid
Muhammad FarhanYazid Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pengin jadi Jurnalis Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Era Baru, Kebangkitan The Magpies!

4 November 2022   05:00 Diperbarui: 6 November 2022   13:59 332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemain Newcastle kala merayakan salah satu kemenangan mereka. Sejauh ini The Magpies tampil cukup stabil. | AP via dailymail.co.uk

Liga premier Inggris telah memasuki hampir separuh musim. Hal yang cukup mengejutkan sejauh ini ialah Manchester United yang mulai berada dalam trek kemenangan, sedangkan Liverpool masih kesulitan di papan tengah. Namun ada hal yang lebih mengejutkan lagi yaitu bangkitnya kekuatan lama di era dan kepemilikan yang baru, The Magpies.

Newcastle United menjadi sebuah tim yang cukup stabil di awal musim ini dengan catatan 6 kemenangan, 6 kali seri, dan hanya sekali kalah. Kieran Trippier dkk benar-benar dalam performa yang terus menanjak naik. Terakhir mereka menghancurkan Aston Villa 4-0 di kandang mereka St. James' Park, Sabtu (29/10/22) lalu.

Semenjak pemilik baru datang, Newcastle tampak menjadi sebuah tim yang terorganisasi dengan baik. Tak perlu memikirkan uang, karna kucuran dana segar pemilik baru akan terus mengalir. Meski dana pemilik baru tak berseri, Newcastle tetap tau diri. Jika biasanya tim yang punya dana segar akan langsung menggebrak menghabiskan uang bak orang kaya baru di bursa transfer, Newcastle tidak demikian.

Strategi transfer yang baik membuat Newcastle menjadi tim yang stabil setidaknya hingga saat ini. Ketimbang membeli pemain-pemain dengan nama besar seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Eden Hazard, ataupun Neymar yang santer dikabarkan hengkang dari PSG, mereka lebih memilih membeli pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim.

Eddie Howe, Pemimpin Era Baru

Karir Eddie Howe tidaklah secemerlang Pep ataupun Klopp, bahkan jauh daripada itu dia adalah pelatih yang membawa Bournemouth turun kasta ke championship meski bersamanya pula Bournemouth naik ke kasta tertinggi liga Inggris.

Setelah 25 tahun berkarir bersama Bournemouth sebagai pemain dan pelatih akhirnya ia meninggalkan tim itu dengan beranggapan bahwa saat itu adalah saat yang tepat bagi The Cherries untuk memulai perubahan.

Pelatih berkebangsaan Inggris ini akhirnya menerima pinangan Newcastle United dan menjadi seorang pemimpin di era baru The Magpies. Direkrut di akhir musim oleh Newcastle tengah musim lalu, Eddie Howe mampu memberikan pencapaian positif hingga akhirnya manajemen memperpanjang kontraknya musim lalu.

Tak banyak pelatih kebangsaan Inggris yang bisa survive di zaman sepakbola modern ini, karena faktanya pelatih asal Jerman dan Spanyol juga Italia yang bisa berkembang mengikuti sepakbola yang kian hari kian berkembang dalam aspek taktikal. 

Namun Eddie Howe mampu membuat Newcastle setidaknya menjadi tim yang tak hanya mengalahkan tim-tim kecil tapi juga menyulitkan big 6 di EPL. Ia juga yang menjadi otak dari strategi jitu transfer The Magpies yaitu membeli pemain-pemain yang sesuai kebutuhan.

 Trippier & Bruno Guimaraes Lambang Strategi Transfer yang Sukses

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun