Mohon tunggu...
Farhana Ameera Lubis
Farhana Ameera Lubis Mohon Tunggu... XI MIPA 3 - SMAN 28 Jakarta

:)

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Resensi Buku "The Murder on the Links" Karya Agatha Christie

7 Maret 2021   01:06 Diperbarui: 8 Maret 2021   07:02 118 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi Buku "The Murder on the Links" Karya Agatha Christie
Sumber : audible.co.uk

Agatha Christie merupakan salah satu penulis terbaik yang saya ketahui. Penulis yang dikenal dengan sebutan “Ratu Cerita Misteri” tersebut selalu menyajikan sebuah cerita misteri yang sangat menyenangkan untuk dibaca, tak jarang juga membuat para pembaca ikut mencoba memecahkannya. Salah satu karyanya yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini ialah buku “The Murder on the Links”.

Sinopsis Buku:

Buku ini lagi-lagi mengisahkan sang detektif terkenal asal Belgia, Hercule Poirot. Kali ini sang detektif bersama rekannya, Hastings, harus memecahkan sebuah kasus pembunuhan yang terjadi di sebuah lapangan golf. Sang korban ialah P.T. Renauld, yang awalnya menyurati Poirot karena ia membutuhkan bantuan seorang detektif, kemudian ditemukan oleh Poirot dalam kondisi tewas tertusuk di bagian punggung. Poirot dan Hastings pun memulai investigasinya dengan mewawancarai orang-orang terdekat P.T. Renauld.

Poirot mendapat empat fakta kunci tentang kasus ini yaitu sepotong pipa timah ditemukan di dekat mayat; hanya ada tiga pelayan wanita yang berada di vila pada saat pembunuhan karena putra Renauld, Jack dan sopirnya diusir; orang tak dikenal mengunjungi sehari sebelumnya, yang mendesak Renauld untuk segera pergi; dan Madame Daubreuil yang merupakan tetangga Renauld, telah memasukkan 200.000 franc ke dalam rekening banknya selama beberapa minggu terakhir.

Ketika sekretaris Renauld, Gabriel Stonor, kembali dari Inggris, ia menyarankan pemerasan, karena masa lalu majikannya sebelum berkarir di Amerika Selatan adalah sebuah misteri. Sementara itu, Hastings seketika bertemu dengan seorang wanita muda yang telah dia temui sebelumnya, yang dikenalnya sebagai "Cinderella". Cinderella meminta Hastings untuk membawanya pergi melihat tempat kejadian kejahatan, dan kemudian secara misterius menghilang dengan senjata pembunuh.

Poirot kemudian melakukan perjalanan ke Paris untuk meneliti kesamaan kasus itu dengan kasus pembunuhan 22 tahun lalu, yang hanya memiliki satu perbedaan yakni si pembunuh, Georges Conneau, yang dulu mengakui kejahatan tersebut. Dimana dalam pengakuannya, ia dan kekasihnya, Madame Beroldy, telah berencana untuk membunuh suami Madame Beroldy dan mengklaim bahwa pembunuhan itu dilakukan oleh penyusup bertopeng. Keduanya menghilang segera setelah itu.

Sekembalinya dari Paris, Poirot mengetahui bahwa ada mayat pria tak dikenal telah ditemukan, tertusuk di bagian hati dengan senjata sama yang digunakan pembunuh. Sebuah pemeriksaan menunjukkan bahwa dia meninggal sebelum pembunuhan Renauld karena penyakit epilepsi, dan dia ditikam setelah mati.

Giraud, seorang detektif Perancis, menangkap Jack dengan teori dia membunuh Renauld karena menginginkan uang ayahnya. Jack mengakui kepada polisi bahwa dia berdebat dengan ayahnya tentang keinginan untuk menikahi putri Madame Daubreuil bernama Marthe, yang orangtuanya tidak menyetujui keinginan tersebut. Poirot mengungkapkan kesalahan dalam teori Giraud ketika Renauld mengubah wasiatnya dua minggu sebelum pembunuhannya, mencabut hak waris Jack.

Jack dibebaskan dari penjara setelah Bella Duveen, seorang akrobat Inggris yang ia cintai, mengaku telah melakukan pembunuhan. Keduanya menemukan seorang mayat gelandangan pada malam pembunuhan, dan menganggap orang tersebutlah yang membunuh Renauld. Poirot mengungkapkan bahwa dugaan tersebut tidaklah benar, karena pembunuh sebenarnya adalah Marthe Daubreuil.

Poirot menguraikan teorinya. Renauld benar-benar Georges Conneau yang melarikan diri dari Perancis, ia mengubah namanya di Kanada untuk memulai kehidupan baru untuk dirinya sendiri. Setelah mendapatkan seorang istri dan seorang putra dan menghasilkan banyak uang di Amerika Selatan, ia kembali ke Perancis untuk menetap bersama keluarga barunya. Ia mendapati bahwa tetangga terdekatnya adalah Madame Beroldy yang juga mengubah identitasnya menjadi Madame Daubreuil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN