Mohon tunggu...
Farhati Mardhiyah
Farhati Mardhiyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Full time copy and content writer Blogger yang punya ketertarikan pada jalan-jalan, makanan, budaya, lingkungan. Magister lingkungan gadungan ini masih belajar untuk siap berkontibusi kepada Indonesia lebih melingkung dan berkelanjutan. Mari berteman di dunia maya dan tatap mata, kindly check IG : https://www.instagram.com/farhatimardhiyah Twitter : https://www.instagram.com/farhatimardhiah Blog : https://www.farhatimardhiyah.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Atasi Diastasis Recti dan Mewujudkan Impian Body Goals Ala Nikita Willy

22 Februari 2023   07:30 Diperbarui: 22 Februari 2023   07:37 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Asal punya paket internet cepat, cukup scroll sosial media aja udah bisa dapet ragam tutorial mengatasi perut buncit setelah melahirkan.

Iya betul, perut buncit setelah melahirkan itu memang PR besar Ibu-Ibu. Pengennya sih punya body goals kaya Nikita Willy atau Mommy Jennifer Bachdim. Tapi-tapi, impian body goals gak akan segera terwujud kalau cuma mimpi doang tanpa ada komitmen dan aksi nyata.

Penyebab Perut Buncit Karena Diastasis Recti

Gak kebayang sih tanpa punya paket internet cepat di rumah. Soalnya berkat langganan IndiHome di rumah, saya dan keluarga bisa dengan mudah mengakses informasi dari internet.

Salah satunya, informasi gerakan olahraga yang baik ataupun dilarang setelah melahirkan. Dari internet lah saya mendapatkan informasi seputar Diastasis Recti.

Ternyata setelah melahirkan wajib banget cek kondisi perut. Soalnya, selama masa kehamilan otot perut di bagian depan terpisah ke kiri dan ke kanan. Nah, kondisi otot perut ini lah yang menyebabkan perut buncit sulit kembali normal setelah melahirkan.

Menurut istilah medisnya, pemisahan otot perut tersebut disebut Diastasis Recti. Kondisi yang umum terjadi, bahkan ⅔ wanita setelah melahirkan bisa mengalaminya.

Kenapa Setelah Melahirkan Harus Segera Cek Diastasis Recti?

Ketika saya mencari tutorial olahraga atau workout untuk mengatasi perut buncit, ternyata ada gerakan tertentu yang dilarang dilakukan ibu setelah melahirkan.  Perut buncit wanita setelah melahirkan bukan membesar buncit biasa. 

Dari internet saya mendapatkan berbagai informasi lengkap mengenai Diastasis rectic. Sering dianggap sepele, meskipun tidak berbahaya tapi perlu penanganan yang tepat. 

Diastasis Rectic gak cuma bikin tampilan perut buncit aja, tapi karena daya kontrol otot perut yang lemah bisa juga menyebabkan nyeri punggung dan kesulitan menahan buang air kecil.

Dilansir dari medcom.id, aktivitas berlebihan yang memberi tekanan cukup besar pada perut bisa memperburuk diastasis rectic. Contohnya, olahraga sit-up, plank, angkat berat, atau latihan beban yang tinggi.  

Cara Cek Diastasis Recti

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun