Mohon tunggu...
Anisa Farah
Anisa Farah Mohon Tunggu... selalu percaya sebuah usaha untuk meraih kesuksesan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

berusahalah dengan sungguh - sungguh untuk mencapai apa yang kau inginkan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengeal Macam-macam Neurotransmitter dalam Tubuh

28 Februari 2021   21:52 Diperbarui: 28 Februari 2021   22:59 347 7 0 Mohon Tunggu...

Setiap orang pasti mempunya otak bukan?

Otak merupakan pusat pengendalian tubuh yang berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinir sebagian gerakan, perilaku yang kita lakukan pada tubuh kita. Untuk melakukan fungsi ini otak memerlukan neuron untuk membantu melakukan tugas ini. Neuron tidak berhubungan langsung antara satu dengan yang lain, maka untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain neuron menggunakan bahan senyawa kimia yang disebut Neurotransmitter.

Apakah kalaian tahu apa itu Neurotransmitter?

Apakah kalian pernah dengar?

Jika kalian belum pernah mendengar, dan kalian ingin tahu.... Mari kita bahas Neurotransmitter pada pembahasan kali ini.

Neurotransmitter adalah senyawa kimia dalam tubuh yang bertugas menyampaikan pesan antar sel saraf (neuron). Sel saraf yang dituju dapat berada di otot, kelenjar, dan bagian lain dalam tubuh. Karena tugas neurotransmitter ini sebagai pengantar pesan, maka ia sering diibaratkan sebagai seorang kurir.

Mengapa bisa?

Yah.. sepertihalnya seorang kurir yang mengantarkan barang dari penjual ke pembeli, maka neurotransmitter juga menghantarkan implus atau rangsangan dari satu neuron ke neuron yang lain.

Walaupun fungsi Neurotransmitter hanya menghantarkan pesan, tetapi Neurotransmitter ini memiliki peran yang sangat penting untuk otak dalam mengatur kinerja sistem tubuh. Seperti pernapasan, detak jantung, siklus pengaturan tidur, pencernaan, suasana hati, konsentrasi, nafsu makan, dan gerakan otot.

Setiap neurotransmitter ini memiliki fungsi masing masing. Maka dari itu kita perlu untuk melakukan pola hidup sehat agar mampu mencukupi setiap nutrisi yang dibutuhkan neuron neuron yang ada dalam tubuh kita.

Macam macam Neurotransmitter

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x