Mohon tunggu...
Devany Ifanda Farah
Devany Ifanda Farah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hi there!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pro dan Kontra Konten Sedekah

10 Agustus 2022   07:57 Diperbarui: 10 Agustus 2022   08:38 93 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Source: Freepik on Pinterest

Di era yang serba digital ini, banyak aplikasi jejaring sosial yang memudahkan masyarakat dalam mencari informasi, teman, bahkan uang. Media sosial memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk mendapatkan penghasilan dan menjadi perhatian masyarakat, salah satunya dengan cara membuat konten. Berbagai ide dan inspirasi bahan konten terus bermunculan seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya pengguna media sosial. Salah satunya adalah berbagi atau bersedekah kepada fakir miskin. Beberapa content creator dan artis menjadikan sedekah sebagai konten di media sosialnya.

Konten sedekah kadang kala dapat memotivasi masyarakat agar lebih sering berbagi. Banyak content creator yang merekam aksinya ketika memberi rezeki kepada pengemis, pedagang lampu merah, pengamen, tunawisma, dan lain sebagainya. Selain menjadi ladang penghasilan bagi creator, hal tersebut juga menjadi pengingat kepada masyarakat bahwa di luar sana masih banyak orang tidak mampu yang berjuang untuk hidup.

Di sisi lain, tidak sedikit fakir miskin yang merasa direndahkan dan dimanfaatkan oleh si pembuat konten sedekah. Mereka berpikir bahwa sedekah yang diberikan tidaklah sepenuhnya demi mereka, tetapi juga untuk kepentingan creator. Hal ini membuat sebagian warganet mengkritik atau bahkan menentang adanya konten sedekah.

Lebih parahnya lagi, ada beberapa content creator yang memanipulasi konten dan membuat skrip kejadian demi menambah jumlah pengunjung media sosialnya. Contohnya, creator mengatakan bahwa pengamen yang direkam tidak memiliki rumah, padahal sebenarnya ia memilikinya. Tak sedikit pula content creator yang bersikap tidak baik kepada fakir miskin di belakang kamera dan hanya memberi perhatian ketika sedang merekam.

Konten sedekah memiliki banyak pro dan kontra dari masyarakat. Bagi beberapa orang, konten sedekah sangat berguna karena dapat membuka mata masyarakat tentang pentingnya bersyukur dan bersedekah. Konten seperti ini bisa menggerakkan hati warga agar rela menyisihkan sebagian rezekinya untuk orang yang lebih membutuhkan. Namun sebagian orang lainnya merasa sang creator terlihat tidak ikhlas dalam berbagi. Mereka percaya bahwa mereka dapat melihat niat tidak baik creator lewat konten sedekah. Beberapa orang lagi menentang konten sedekah karena konten seperti ini hanya tipuan creator kepada masyarakat demi panjat sosial.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan