Mohon tunggu...
Faqih Ma arif
Faqih Ma arif Mohon Tunggu... Civil Engineering: Discrete Element | Engineering Mechanics | Finite Element Method | Material Engineering | Structural Engineering |

Beijing University of Aeronautics and Astronautics | 601B号房间 | 1号楼, 外国留学生宿舍 | 北京航空航天大学 | 北京市海淀区学院路 | 37學院路, 邮编 |100083 |

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Waspada COVID-19, Umrah Resmi Dibatalkan Hari Ini hingga Protes Kemenlu

27 Februari 2020   18:31 Diperbarui: 27 Februari 2020   19:30 69 6 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waspada COVID-19, Umrah Resmi Dibatalkan Hari Ini hingga Protes Kemenlu
Ilustrasi Jamaah Umrah | Kemenag, cnbcindonesia.com

COVID-19 - Hingga hari ini penyebaran virus corona kian meluas di berbagai negara. Tercatat total terkonfirmasi pada 27 Februari 2020 adalah sebesar 82.170. Angka ini terus meningkat, yang mana beberapa negara baru masuk dalam daftar rilis oleh WHO.

Beberapa negara baru yang terdapat penderita di dalamnya adalah Bahrain, Kuwait, Spain, Iraq, Oman, Croatia, India, Afganistan, Georgia, Denmark, dan sebagainya dapat disaksikan pada alamat lengkap di sini [1].

Sedangkan total terkonfirmasi meninggal berjumlah 2.804 dengan jumlah pasien sembuh sebesar 32.898 jiwa. Data menyebutkan bahwa jumlah korban sembuh sebagian besar berada di China, bukan di negara yang baru saja terkena virus seperti korea selatan, Iran atau Italia.

Press Release Resmi KBRI Riyadh
KBRI Riyadh bergerak cepat dengan mengeluarkan press release dalam rangka  menangkal masuk dan menyebarnya virus Corona (COVID-19) ke wilayah Kerajaan Arab Saudi. 

Secara cepat kemenlu Arab Saudi mengeluarkan surat resmi pada 27 Februari 2020 pukul 02.40 waktu setempat.
Dalam pres release tersebut berisi tentang beberapa poin penting sebagai berikut:

1. Menghentikan sementara warga negara asing yang masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah Umroh dan ziarah Mesjid Nabawi.  
2. Menghentikan masuknya warga negara asing ke Kerajaan Arab Saudi dengan menggunakan visa kunjungan wisata
3. Menghentikan lalu lintas keluar masuk wilayah Kerajaan Arab Saudi dengan menggunakan fasilitas ID Card- kartu tanda penduduk nasionalnya bagi warga negara Arab Saudi dan warga negara dari negara-negara anggota Gulf Cooperation Council / GCC lainnya (Oman, Kuwait, Qatar, Bahrain, Persatuan Emirat Arab)

Berita lengkap press release KBRI RIyadh dapat menghubungi saya via email: faqihmaarif24@gmail.com [karena kompasiana tidak dapat upload files]

Terkait dengan umrah, berikut poin pentingnya
Berikut ini poin penting yang menjadi perhatian bersama bagi keluarga yang akan berangkat menunaikan ibadah Umrah:

KBRI Riyadh terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi guna memastikan pelaksanaan teknis dari kebijakan penghentian sementara masuknya jamaah umroh ke Arab Saudi dari negara-negara lain termasuk Indonesia, serta memastikan keberadaan jamaah umroh warga negara Indonesia yang saat ini sudah berada di wilayah Arab Saudi.

Disampaikan lebih lanjut dalam press release tersebut bahwa Duta Besar RI, Agus Maftuh Abegebriel saat ini sedang melakukan pendekatan ke pemerintah Kerajaan Arab Saudi agar kiranya jamaah umroh Indonesia yang sudah mengantongi visa umroh diizinkan masuk ke wilayah Arab Saudi, dengan pertimbangan Indonesia tidak termasuk dalam negara yang terkonfirmasi terkena wabah virus Corona (COVID-19).

Nasib Biro penyelenggara Umroh
Hampir setiap bulannya banyak dari saudara kita masyarakat Indonesia yang beragama islam pergi untuk melaksanakan ibadah Umrah. Berdasarkan penaksiran jumlah jamaah umrah setiap bulannya, Indonesia mengirmkan hampir 110 ribu jamaah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
27 Februari 2020