Mohon tunggu...
Faqih Ma arif
Faqih Ma arif Mohon Tunggu... Civil Engineering: Discrete Element | Engineering Mechanics | Finite Element Method | Material Engineering | Structural Engineering |

Beijing University of Aeronautics and Astronautics | 601B号房间 | 1号楼, 外国留学生宿舍 | 北京航空航天大学 | 北京市海淀区学院路 | 37學院路, 邮编 |100083 |

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Ini Deretan Hoaks di Media Sosial tentang Virus Corona di China

27 Januari 2020   01:34 Diperbarui: 29 Januari 2020   05:59 4137 19 6 Mohon Tunggu...
Ini Deretan Hoaks di Media Sosial tentang Virus Corona di China
Young. [mfourplus.com]

Sejak 24 Januari 2020 pukul 10:00 CST waktu setempat, penyebaran virus di kota Wuhan telah menutup berbagai layanan seperti transportasi umum, stasiun kereta api, serta bandara dalam rangka mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Beberapa kota di Provinsi Hubei juga telah menutup fasilitas transportasi. Berbagai berita terkait perlindungan terhadap diri telah dapat disaksikan di media yang diantaranya sangat membantu, akan tetapi terdapat juga beberapa isu hoaks yang dapat menyesatkan dan justru berbahaya untuk kesehatan mereka.

Berikut ini beberapa catatan penting terkait isu yang menjadi konsumsi umum seperti yang disampaikan oleh Andrew Young dalam mp.weixin.qq.com/s.

1. Super spreaders
Akademisi dari Ilmu Pengetahuan Tiongkok dan direktur pusat pengendalian dan pencegahan penyakit TIongkok Gao FU mengatakan bahwa tidak terbukti virus merupakan "super spreader" akan tetapi hal tersebut tetap akan menjadi perhatian utama pemerintah. 

Berita ini disampaikan dalam konferensi pers yang diadakan oleh Dewan Negara pada 22 Januari 2020.

Gao FU menambahkan bahwa MERS yang terjadi di Timur Tengah tidak menyebabkan "super spreader", akan tetapi justru terjadi di Korea Selatan. "super spreader" mengacu kepada orang yang sangat menular yang lebih mungkin dapat menginfeksi orang lain.

2. Obat kumur air asin untuk mencegah virus
Berita yang menyatakan obat kumur air asin untuk mencegah virus adalah tidak benar. Seperti yang telah disampaikan oleh Mr. Zhong Nanshan, air asin dapat membantu membersihkan mulut dan tenggorokan tidak mencegah virus corona

Hal tersebut juga telah dibantah melalui berita resmi Weibo melalui Rumah sakit salah satu universitas kedokteran di Guangzhou.

Young. [mfourplus.com]
Young. [mfourplus.com]

3. Kota akan mulai menyebarkan bubuk disinfektan di atas Wuhan
Berita tentang adanya penyebaran bubuk disinfektan di kota Wuhan di bantah oleh departemen otoritas di Wuhan pada Tanggal 23 Januari 2020 pukul 17:00 waktu setempat. Hal tersebut telah dikonfirmasi hoax. Adapun berita yang sesungguhnya dikutip dari mp.weixin.qq adalah:

Young. [mfourplus.com]
Young. [mfourplus.com]

"Angkatan Udara Kota akan mulai menyebarkan bubuk disinfektan ke Wuhan hari ini (23 jam 17:00). Tolong jangan keluar dan jangan membeli barang-barang di luar. Jika Anda membelinya, bawa pulang, dan cuci hingga bersih! "

4. Meminum alkohol bisa menjadi antivirus
Akademisi Li Lanjuan yang merupakan direktur Laboratorium untuk diagnosis dan perawatan penyakit menular mengatakan bahwa 75% alcohol dapat membunuh virus.

Berita ini sudah tersebar luas di internet dan menghebohkan warga sekitar. Dalam rangka meluruskan berita tersebut, Li menanggapinya pada 23 Januar 2020 sebagai berikut:

"Saya mengatakan alcohol dapat mendisinfeksi, saya tidak mengatakan bahwa minum atau mengkonsumsi banyak alkohol!, saya sangat menyarankan terhadap penyalahgunaan alkohol (banyak minuman keras).

5. Singapura menyangkal masuknya warga negara Tiongkok
Terdapat berita yang menyesatkan tentang dilarangnya warga Tiongkok berkunjung ke Singapura. Berita itu berbunyi "Singapura telah menutup perbatasan untuk mencegah semua turis Tiongkok masuk".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x