Mohon tunggu...
Dila Rahma
Dila Rahma Mohon Tunggu... Penulis - Psikologi

SD N 1 Kacangan Kec. Malo Kab. Bojonegoro SMP Negeri 1 Purwosari Bojonegoro SMA Negeri 1 Padangan Bojonegoro Universitas Airlangga Fakultas Psikologi Angkatan 2018

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pengalaman Pertamaku Jadi Asisten Psikolog

27 Desember 2023   10:57 Diperbarui: 27 Desember 2023   20:44 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Alhamdulillah doaku dikabulkan oleh Allah, tau nggak sih rasanya seneng banget tiba-tiba ada notif dari beliau. Waktu itu malam jumat tanggal 21 Januari 2021 dan dirumahku ada jamaah tahlil, aku menunggu dikamar, lalu bapaknya tiba-tiba chat tanpa basa basi langsung tanya apakah aku sudah pernah belajar alat tes ist, warteg, dan rmib. Aku jawab saja pernah, cuman sudah lupa aja. Dan aku waktu itu sudah curiga bapaknya mau minta bantuan apa gitu, tapi aku nggak berharap banyak sih takutnya akunya sudah seneng eh malah nggak jadi. Lalu Bapaknya juga tanya apakah sabtu ini free, ya awalnya aku sabtu ini mau tes rapid, karna kayaknya beliau mau ada acara apa di sabtu itu jadi aku jawab free saja dan tes rapidku aku majuin di hari jumat.

Ini nih yang em bikin aku kayak merasa ada firasat apa gitu. Jadi aku pernah ngebayangin ketemu beliau di kota deket rumahku ditempat makan bakso gitu. Nah pas aku perjalanan pulang dari rumah sakit buat rapid test dan mau mampir ke rumah sepupuku, aku lihat ada mobil kampus beliau itu mau parkir di tempat deketnya makan bakso yang aku bayangin itu, kan jadi kayak ooh my feeling is good haha. Sesampainya dirumah sepupuku bapaknya chat lagi, beliau bilang mau ada psikotes di tempat bimbel gitu dan aku dimintai bantuan ya kayak asisten psikolog gitu ea wkwk. Ya aku jawab saja mau, kapan lagi kan dapet tawaran kayak gini, ini termasuk sebuah keberuntungan dari adanya tugas kodet. Ya memang kita sudah bertemu sekali ketika diskusi komunitas, tapi aku nggak tau apakah bapaknya masih ingat aku kalo nggak ada pertemuan kedua yaitu ketika wawancara, maybe yes or no haha.

Nah ini tiba saatnya aku jadi asisten sekaligus administrator / tester alat tes wartegg. Aku sudah siapkan mental dan diri bahkan aku beli baju dan sepatu baru demi kasih penampilan yang terbaik. Karna aku nggak inget rumahnya dimana maka aku minta mas aku buat nganterin. Sampai sana ternyata bapaknya masih goes bareng keluarga lalu aku muter alun-alun kota sama masku karna masih lama juga kan jadwal psikotesnya. Pagi itu aku nggak tau kenapa nggak bisa sarapan, perut sama mulut nggak mau diajak kompromi. Oh setelah aku muter-muter aku balik lagi kerumahnya, aku pikir bapaknya belum pulang karna pintunya masih tertutup ternyata udah pulang terus bapaknya ngasih aku alat tes ist buat dipelajarin terlebih dahulu. Bapaknya mau siap-siap dulu selagi aku belajar IST, ketika bapaknya sudah siap aku ditawarin sarapan sama istrinya dan aku lagi-lagi nggak tau malu aku makan dong guys yak arna aku laper banget. Nah aku pikir tempatnya jauh dan bisa naik mobilnya gitu hehe, tapi ternyata deket banget naik motor cuman 3 menitan, terus udah kita mulai psikotes dari jam setengah 10 pagi -- 4 sore.

Waktu sesi 2 aku di ajari skoring tes rmib, ya mudah lah kalo, dari pada tes lainnya susah makanya aku cuman skoring tes rmib saja. Ketika pulang ternyata ban motornya kempes makanya aku disuruh bawa motornya sendirian dan bapaknya jalan kaki dong, maap ya pak aku nggak tau malu lagi. Sampai rumah kita ngobrol dikit tentang hasil psikotes tadi, tak lama karna sudah sore aku harus pulang sebelum hujan kan ya. Aku pulangnya dianter sama istrinya sampai halte terdekat. Nah jaketku lupa lagi untungnya belum jauh haha. Sampai di depan taman sekaligus halte buat nungguin bis tiba-tiba istrinya nyodorin amplop dong, dan ini yang paling parah aku langsung saja nerima wkwk, tanpa basa basi haha malu banget kalo inget itu. ya tapi aku memang gitu guys orangnya, to the point. Udahdeh seharian itu aku seneng banget, pengalaman pertamaku jadi tester gitu. Ya padahal kan temenku ada anak yang rumahnya di deket rumah beliau, karna ini rejekiku ya maka yang diajak buat psikotes ya aku. Terima kasih tugas kodet kamu sudah menjadi jembatan bagi aku dan beliau untuk kenal dan bisa jadi partner.

Tapi yang bikin aku sedih adalah bapaknya nggak save nomerku ya padahal kan bapaknya yang butuh aku. Okelah pas wawancara aku yang butuh beliau, nggak di save nggak apa, tapi ini kan ganti beliau yang butuh aku hmm jadi kesel aku.

Tapi nggak apalah, maybe contac's in his phone is't full. Tapi aku mau berdoa lagi semoga bapaknya segera ada projek psikotes lagi yang lebih besar dan aku bisa bantu lagi AMIIIN. Dan yang paling penting suatu hari nanti aku bisa lanjut S2 magister profesi psikologi dan menjadi parternya nanti. Aku seneng banget gaes . 

Gaes ada kelanjutannya loh, ikuti update diary ku ya, jangan lupa follow

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun