Mohon tunggu...
Rita Mf Jannah
Rita Mf Jannah Mohon Tunggu... Freelancer - Pelaku Pasar Modal, Pengamat Pendidikan, Jurnalis, Blogger, Writer, Owner International Magazine

Menulis sebagai sebuah Kebahagiaan dan Kepuasan, bukan Materi

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

5 Jurus Jitu Menjadi Ortu Favorit

6 Januari 2024   14:16 Diperbarui: 6 Januari 2024   14:25 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (pic: mominformed.com)

Menikah dan berkeluarga ternyata bukan hanya melahirkan, merawat, dan membesarkan anak-anak, tapi juga bagaimana mendidik mereka

Anda telah menikah, kemudian memiliki anak, dan kemudian anak-anak tersebut sangat menyayangi dan menjadikan anda panutan? Hal itu sangat luar biasa. 

Hal tersebut sebagai penanda bahwa anda telah menjadi ortu hebat yang merengkuh keberhasilan dalam kehidupan berkeluarga. Namun jika belum, berikut saya akan memberi beberapa bocoran, bagaimana cara agar dapat menjadi ortu favorit anak.

Favorit berarti anda disukai, ortu favorit berarti tipe orangtua yang disukai. Memang tidak mudah meraih semuanya itu, namun juga tidak sulit dalam melakukannya, setelah mempelajari dan memahami detailnya.

Menikah tidak hanya merawat dan membesarkan anak

Kita tentu memahami, bahwa menikah dan berkeluarga, ternyata bukan hanya melahirkan, merawat, dan membesarkan anak-anak, tapi juga bagaimana mendidik mereka. Sebab tak jarang kita melihat sebuah keluarga, hidup berkecukupan, bahkan boleh dikatakan berlebihan alias kaya raya, namun hubungan dalam keluarga tersebut kacau balau dan tak ada keharmonisan.

Orangtua yang kurang perhatian terhadap anak-anaknya, sementara anak-anak tidak memiliki etika terhadap orangtua. Sehingga tak ubahnya seperti sebuah kehidupan di kebun binatang, tanpa tata krama, sopan santun, atau pun tepo sliro satu dengan yang lain.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang bagaimana menjadi orangtua yang diidolakan anak adalah sangat penting, sebab menjadi kunci dari sebuah kebahagiaan keluarga.

Ortu favorit anak

Mungkin anda belum memiliki anak, atau pun anak anda masih dalam perencanaan. Namun percayalah, dengan memulai pemahaman "ortu yang asyik" jauh-jauh hari sebelumnya, akan menjadi awal pondasi penting menjalin intensitas hubungan dengan anak. Dan kemudian dapat terjalin erat seiring bertambahnya waktu.

Lalu, seperti apa sih ortu yang difavoritkan anak anak itu?

  1. Agamis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun