Mohon tunggu...
Fakhri MaulanaHerza
Fakhri MaulanaHerza Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur

saya mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur semester 5 jurusan Informatika fakultas Ilmu Komputer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Program Kampus Merdeka UI/UX Product Design From Thinking To Rapid Prototyping

25 Desember 2022   14:43 Diperbarui: 25 Desember 2022   14:49 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran Program Kampus Merdeka UI/UX Product Design From Thinking To Rapid Prototyping

Fakhri Maulana Herza (20), masa pandemi ini merupakan salah satu rintangan sendiri yang harus dihadapi para pelajar khususnya para mahasiswa. Pola belajar yang dulunya ada di ruangan kelas, kini berubah menjadi pembelajaran secara daring.

Saya merupakan salah satu mahasiswa Jurusan Informatika UPN "Veteran" Jawa Timur yang saat ini sedang mengikuti kegiatan belajar pada program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB). MSIB merupakan salah satu program dari Kampus Merdeka yang menjadi salah satu kebijakan kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Saat ini saya menempuh program MSIB pada PT Zona Edukasi Nusantara.

Adapun itu tahapan yang saya lakukan ketika mengikuti seleksi pada Mitra Zenius Education. Untuk proses seleksi yang saya hadapi ini adalah Seleksi Tulis.

Satu bulan sebelum pendaftaran dibuka, Saya sudah melakukan persiapan -- persiapan yang dibutuhkan yaitu, seperti mempelajari sedikit banyak tentang apa itu UI/UX Designer dan juga mempelajari aplikasi figma. Sebagai seorang UI/UX Designer, saya juga mempersiapkan berbagai kemampuan yang dibutuhkan dan berbagai Project yang nantinya dapat menjadi portofolio seorang UI / UX Designer.

Untuk kegiatan yang saya lakukan sendiri kurang lebih berjalan selama 5 bulan berbasis online meeting. Program yang saya sedang jalankan ini dapat dilakukan konversi setara 20 SKS Perkuliahan.

Pengalaman yang sudah saya dapatkan selama kurang lebih 5 bulan ini diberikan banyak sekali project dan juga assesment yang diberikan untuk mengasah dan juga menambah skill kita. Banyak hal yang kita dapet dari MSIB ini saya juga di ajarin dari awal untuk bisa membuat project besar.

Tidak hanya di ajari materi/ teori yang ada namun kita juga di ajarkan dan di jelaskan mengenai dunia kerja secara nyata karena tenaga pengajar adalah orang yang sudah memiliki pengalaman di bidangnya.

Banyak sekali manfaat yang bisa saya rasakan terutama pada bidang pengalaman. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan bidang lainnya seperti bidang Project menager sehingga kita bisa merasakan kerja dengan bagian bidang yang lain dan melatih kerja sama tim. Dalam kegiatan ini pun kita sebagai mahasiswa juga bisa mendapatkan banyak softskill seperti membuat design, mock up dan juga prototyping

Saya berharap rangkaian program Kampus Merdeka ini bisa berjalan secara terus menerus mempertimbangkan banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh para mahasiswa atau bahkan pada mitra itu sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun