Pada dasarnya, pendidikan mempunyai tujuan yaitu untuk menambah pengetahuan, memperbaiki akhlak, dan hal-hal yang membuat anak didik berkembang dan lebih baik dari sebelumnya. Namun, apa jadinya kalau ngantuk pada pelajar sudah melanda di saat kegiatan belajar mengajar berlangsung ?
Ngantuk pada saat kegiatan belajar mengajar sudah banyak dialami oleh pelajar khususnya mahasiswa, ngantuk tersebut banyak disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor dosen yang bikin mata terasa berat dikarenakan model pembelajaran kuno yang membosankan.
Dengan teori pembelajaran yang membosankan, pengaruh yang muncul cukup signifikan dalam proses mahasiswa menangkap apa yang disampaikan oleh dosen, bagaimana tidak ? pada saat siswa merasa bosan pasti mereka tidak akan mendengarkan penyampaian dosen dan akan merasakan kantuk berat dan bisa juga melakukan hal-hal lain seperti, umek sendiri, ngobrol dengan yang lain, dan semua hal yang membuatnya terhibur, nahh.. hal-hal itu pasti menghambat pemahaman mahasiswa yang dapat berpengaruh terhadap pengetahuan mahasiswa kedepannya.
Mahasiswa dan Dosen seharusnya harus bisa memahami satu sama lain, jika Dosen merasa teorinya kurang efektif seharusnya merubah teori pengajarannya, sebaliknya pula, mahasiswa juga harus mendukung proses teori pengajaran yang telah dibentuk oleh dosen sedemikian rupa agar mahasiswa tidak bosan.
Pengetahuan bisa lebih mudah dipahami oleh mahasiswa jika teori dosen lebih bervariatif, dosen memberi mahasiswa menikmati.