Mohon tunggu...
Fajar Septia
Fajar Septia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Kesuksesanku

9 Desember 2017   10:33 Diperbarui: 9 Desember 2017   11:27 588
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kesuksesan adalah sebuah proses. Kesuksesan adalah bertemunya antara kesempatan dan kesiapan. Keduanya harus ada dan saling berkaitan. Sangat tidak mungkin orang akan sukses ketika dia memiliki kesiapan atau kemampuan tapi tidak memiliki kesiapan, tetapi kecil kemungkinan orang akan sukses ketika ia memiliki kesempatan tapi tidak memiliki kesiapan. Kesuksesan tidak hanya diukur dengan seberapa banyak materi yang ia miliki, tetapi kesusksesan dapat diukur dengan seberapa besar ia dapat berguna dan bermanfaat bagi orang-orang disekitarnya.

Saya adalah seorang anak yang dibesarkan dikeluarga yang berkecukupan. Walaupun demikian orangtua saya tidak membiasakanku untuk selalu hidup berfoya-foya terus menerus. Bapak ibu saya lebih sering mengajarkan kepadaku untuk hidup dalam kesederhanaan. Ayah saya adalah seorang guru Sekolah Dasar dan ibu saya juga seorang guru Sekolah Dasar. Didikan ayah dan ibu saya yang sangat keras untuk menjadikan saya berhasil yang menjadi salah satu semangat bagi saya untuk menjadi lebih baik.

Dari latar belakang ini banyak perjalanan bahwa sukses itu harus dengan proses yang panjang serta disertai dengan doa. Seperti kedua orang tua saya yang melakukan semuanya dari bawah hingga sampai seperti sekarang ini, banyak sekali tantangan dan halangan yang sudah dilewati oleh orangtua saya. Orangtua saya yang menjadi inspirasi saya untuk mencapai kesuksesan. Tidak lupa juga orangtua selalu mengingatkan kepada saya untuk selalu berdoa dan memohon petunjuk dari Allah agar dipermudah segala jalan yang akan dilalui.

Sebuah semangat yang selalu menjadi tujuan hidup saya adalah dari kerjakeras orangtua untuk saya. Berbagai pujian dan cemoohan mungkin sudah biasa terdengar. Dari pandangan orang mengenai saya yang lebih banyak meremehkan saya, meragukan saya dan dari situlah saya tahu tujuan dan dimana letak kesuksesan yang dapat saya ambil. Semua kata-kata yang membuat segala semangat menjadi surut adalah salah satu pemicu semangat untuk terus memperbaiki diri dan membuat semangat dalam membuktikan bahwa seluruh kata-kata yang tidak baik menjadikan aku lebih baik dari apa yang orang-orang katakan. Mungkin mereka menganggap bahwa hal tersebut tidak mungkin untuk saya dapatkan, namum beda dengan saya, saya mempunyai keyakinan bahwa segala hal dapat saya dapatkan asalkan dengan usaha serta diiringi dengan doa.

Menurut saya kesuksesan adalah saya bisa membahagiakan orangtua saya dan orang disekeliling saya. Definisi bahagia bukan mengenai seberapa bahagia mereka saat saya ada, tetapi seberapa bangga mereka mengenai apa yang saya miliki, dan seberapa bangga mereka tentang apa yang saya capai. Sukses menurut saya tidak hanya sukses dalam pandangan orang lain, tetapi sukses bagi diri saya sendiri. Definisi sukses bagi disi saya adalah bagaimana menempatkan diri saya untuk mampu diterima dimanapun dan dalam situasi apapun.

Saya sukses ketika saya mampu memberikan hal yang terbaik yang bisa saya lakukan untuk orang-orang yang percaya terhadap saya. Saya ingin membuktikan kepada semua orang bahwa apa yang diragukan oleh meraka terhadap saya mampu saya lakukan dan saya tunjukkan lebih dari apa yang mereka bayangkan.

Kesuksesan yang saya idam-idamkan tidaklah mudah untuk didapatkan, tentunya harus diiringi dengan doa, karena kesuksesan tidak hanya seberapa hebat kita bisa menaklukan semua itu, pastinya semua karena izin Allah. Sebuah perjalanan panjang yang sudah saya lalui hingga saat ini belum sepenuhnya sampai pada puncak kesuksesan yang saya dambakan, dan sampai saat ini juga saya masih terus berusaha untuk menjadikan semua itu dapat terwujud. Dukungan orangtua dan orang-orang terdekat yang membuat saya bersemangat untuk melakukan segala hal demi kesuksesan saya. Doa orangtua yang tak ada henti-hentinya yang membuat segala sesuatu yang saya lakukan dipermudah dan diberi kelancaran oleh Allah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun