Mohon tunggu...
Ahmad FajarJamali
Ahmad FajarJamali Mohon Tunggu... Jurnalist Street

khoirunnas anfauhum linnas

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN MIT ke-9 UIN Walisongo Semarang Mengadakan Pelatihan Hadroh di Kelurahan Tlogomulyo

4 Maret 2020   09:17 Diperbarui: 4 Maret 2020   09:43 75 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam melestarikan budaya lokal, Mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Walisongo berinisiatif mengadakan latihan hadrah. Kegiatan latihan hadrah merupakan salah satu program kerja pendukung dari divisi keagamaan KKN UIN Walsongo di Kelurahan Tlogomulyo, yang beranggotakan Fauzi sebagai kordinator divisi, dan 2 anggota lainnya yaitu Fajar, dan Lifia.

Dalam menjalankan kegiatan ini mahasiswa KKN UIN Walisongo bekerja sama dengan Remaja Karang Taruna RW.02. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kekompakan karang taruna RW.02 dan juga menjalin silaturrahim mahasiswa UIN Walisongo dengan karang taruna RW.02.

Seni Hadroh adalah sebuah kesenian khas islami. Iramanya yang menghentak, rancak dan variatif. Hadrah merupakan jenis musik yang mempunyai keterkaitan sejarah pada masa penyebaran agama islam oleh sunan kalijaga. Alat rebananya sendiri berasal dari daerah Timur Tengah dan dipakai untuk acara kesenian.

Kegiatan latihan hadrah berjalan dengan lancar, hikmat, dan santai. Antara mahasiswa dengan remaja RW.02 saling berkolaborasi dalam memainkan alat musik rebana, dan juga saling sharing variasi-variasi pukulan, sehingga banyak ilmu baru yang didapat dalam memainkan alat rebana.

Norman selaku Kordinator Kelurahan mengucapkan " kemampuan remaja dalam merawa serta meruwat tradisi keagamaan perlu ada nya pendampingan agar proses itu dapat bermanfaat dikemudian hari dengan maksimal "

VIDEO PILIHAN