Mohon tunggu...
Faiz NurHailal
Faiz NurHailal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 21107030149

Spam Artikel Sampai Lulus Target Point

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Bukan Borax! Ternyata Ini Rahasia Awet dan Kenyal Kupat Khas Air Tanjung Tasikmalaya

20 Mei 2022   16:29 Diperbarui: 20 Mei 2022   17:17 211 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hallo sobat kompasiana,tahukah kamu? Bahwa ketupat atau kupat ini adalah singkatan dari simbolisasi ungkapan Bahasa jawa loh,yang artinya Ku adalah ngaku (mengakui) dan Pat adalah Lepat (Kesalahan).

Berawal dari budaya yang di ajarkan oleh Sunan Kalijaga pada saat menyebarkan agama Islam di pulau Jawa yang pada saat itu masih mengakui arti kesakralan kupat ini.Namun,seiring berjalan nya waktu,kesakralan ini menjadi suatu hidangan makanan pada saat hari raya lebaran,yang moment nya pas untuk saling mengakui dan memaafkan kesalahan.

Berbicara tentang kupat bukan hanya saja tentang hidangan makanan pada saat Hari Raya Idul fiitri saja lohh,banyak sekali makanan khas yang ada di Indonesia ini yang menggunakan bahan pokok kupat,seperti hal nya kupat tahu dari Sunda,Katupat kandangan dari Banjar,ada grabag dari Magelang dan masih banyak lagi

Namun kali ini penulis akan memberikan info nih terkait kupat lezat dan ajaib yang ada di Tasikmalaya,sama seperti kupat pada umum nya yang berbahan dasar beras dan di balut dengan daun palem atau biasanya masyarakat sunda menyebut nya janur namun hebat nya kupat ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal juga memiliki daya tahan yang cukup lama,bahkan hingga berbulan-bulan.

Namun kupat yang satu ini tidak tersebar di seluruh wilayah Tasikmalaya,kamu harus mengunjungi salah satu daerah yang ada di kecamatan Kawalu.Biasanya para pedagang kupat ini menamakan kupat nya dengan sebutan kupat Khas Air Tanjung.Kalian bisa menemukan para pedagang kupat ini di sekitaran pinggiran di kecamatan Kawalu dengan harga yang murah sekitar harga Rp.8.000,00 saja loh.

Dengan tekstur kupat yang kenyal dan gurih,di tambah dengan siraman bumbu kacang khas Tasikmalaya yang menggoda,rasanya anda belum di katakan sebagai pecinta kuliner deh kalau belum mencoba kupat ini.

Biasanya masyarakat Tasikmalaya sering mengunjungi pedang kupat ini pada saat sarapan atau jam makan siang.Selain masyarakat sekitar,banyak juga loh para pendatang dari luar daerah yang rela datang ke Tasikmalaya hanya untuk mencicipi lezat nya kupat khas Air Tanjung ini.

Jika memasuki hari Raya idul fitri,para produsen kupat ini,banjir akan pesanan untuk hidangan masyarakat pada saat hari lebaran.Menurut info dari masyarakat sekitar,biasanya para produsen mampu membuat 17.000 butir kupat untuk di jual.

Tak heran,jika kupat ini sudah di kenal oleh masyarakat luas,namun sayang nya kupat ini belum ada yang menjual di luar daerah Tasikmalaya,karena bahan rahasia nya hanya ada di Tasikmalaya,khusus nya di kecamatan Kawalu

Banyak dari kita yang menanyakan tentang mengapa kupat Khas Air Tanjung ini bisa bertahan lama dan memiliki tekstur yang kenyal dan gurih.

Banyak di antara masyarakat luar yang menyangka bahwasan nya kupat ini di buat dengan menggunakan borak dan bahan pengawet kimia yang berbahaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan