Mohon tunggu...
faisal amri
faisal amri Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Media dalam Pemasaran Global

15 November 2018   22:12 Diperbarui: 15 November 2018   22:46 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Membahas tenang media dan pasar global pada kali ini bahwa media berperan penting dalam sebuah pemasaran apalagi pemasaran global yang berkelas dunia memasarkan produk-produk dari kenegara ke negara lain dan salah satu terjadinya intraksi dalam sebuah pasar yaitu adanya media karena media bertugas menyampaikan sebuah informasi kepada khalayak untuk melakukan sebuah pemasaran apalagi pemasaran dalam media online bahwa media berperan penting dalam pasar tersebut

Pemasaran global suatu pemasaran berkala seluas dunia karena Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar. Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat. Internet pun termasuk dalam bentuk media tetapi masuk pada golongan media audio visual, Media lagi-lagi tidak jauh dari pemasaran gelobal karena media berangkutan dengan pemasaran apalagi pemasarannya tidak haya di dalam negeri bahkan di dalam negripun begitu, karena media suatu alat atau sarana yang di gunakan untuk mengirim informasi dan pemasaran berkala seluas dunia dan media adalah salah satu sarana untuk terjadinya pemasaran global melalui media soasial seperti internet dan bahkan sekarang banyak sekali aplikasi yang bisa di jadikan pasar untuk menawarkan barang mereka salah satunya yaitu seperti Lazada, Tokopedia, dan masih banyak lainnya, dan bahkan aplikasi tersebut di rancng dan di luncurkan untuk mempermudah untuk melakukan transaksi di sana.

Media bukanlah hal yang asing kita dengar, media sudah ada sejak dulu dan masih dipergunakan hingga sekarang. Media adalah segalan bentuk dan saluran yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan. Salah satu media yang paling sering digunakan masyarakat adalah media massa, media massa sendiri bisa berupa televisi, radio, surat kabar dll sebagainya. Keeksisan media massa tidak hanya sampai disitu saja, semankin majunya teknologi banyak bermunculan media online yang memudahkan masyarakat. Lahirnya media baru ini menarik perhatian masyrakat dan memudahkan setiap masyarakat untuk untuk dapat menerima informasi mengenai negara sendiri maupun negara luar negeri secara cepat. Secara perlahan masyarakat mulai beralih menggunakan media online dan meninggalkan media massa. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa media massa masih dipergunakan bagi sebagian orang untuk menambah wawasan maupun informasi. Hingga kini media massa yang masih banyak dipergunakan oleh masyarakat diseluruh dunia ialah televisi dan surat kabar, kedua media ini masih eksis dikalangan masyarakat sebagai media pembelajaran yang efektif terutama dalam menyiarkan berita yg terjadi di dunia. Media yang ada di Indonesia tidak hanya berasal dari negeri ini, tetapi juga berasal dari negara luar seperti contoh VOA dan CNN. Kehadiran media asing ini tentu menjadi persaingan yang ketat bagi perusahaan berita yang berasal dari Indonesia.

VOA dan CNN diakui telah mengambil perhatian masyarakay dalam menyiarkan berita dari dalam maupun dari luar negeri, jam tayang yang cupu banyak dan bervariasinya program yang mereka tawarkan menjadi daya tari mereka tersendiri. Kedua media ini juga berpengaruh terhadap kondisi pemasaran global di dunia untuk disampaikan di negara indonesia. Dalam perkembangan pemasaran global media memiliki peranan yang penting untuk meyebarkan nya kepada masyarakat, karena tanpa adanya media masyrakat tidak akan mengetahui informasi maupun perkembangan pemasaran global yang terjadi. Pengertian pemasaran global adalah suatu proses untuk memfokuskan berbagai sumber daya (seperti SDM, modal uang ataupun aset fisik) dan berbagai tujuan dari suatu organisasi perusahaan lainnya untuk menanggapi ancaman pasar global serta memperoleh kesempatan di pasar global ( pengertian pemasaran global menurut philip kotler dan kevin lane keller :2008). Banyak produk-produk yang berasal dari dalam maupun luar negeri menjadikan media sebagai alat menyebarkan produk mereka, seperti contohnya produk Red Bull. Seperti yang kita ketahui bahwa produk red bull merupakan salah satu produk yang terkenal di indonesia sebagai produk minuman berenergi. Salah satu cara yang dilakukan mereka dalam pemasarannya ialah dengan menggunakan media sosial,situs web, maupun iklan yang cukup menarik untuk dapat mempromosikan produknya tersebut. Sehingga tidak heran jika produk nya dikenali oleh seluruh masyarakat, pengemasan iklan produk yang baik dengan menampilkan pemeran maupun alur yang menarik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun