Mohon tunggu...
Fairuz Lavia Ridhona
Fairuz Lavia Ridhona Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penyuluhan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gunung Api di Dusun Argosuko Desa Argoyuwono Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang

25 Januari 2022   17:16 Diperbarui: 25 Januari 2022   17:22 69 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyuluhan Kesiapsiagaan Bencana Gunung Api oleh Mahasiswa KKN UM (Dokpri)

Dusun Argosuko, Desa Argoyuwono merupakan salah satu daerah yang letaknya dekat dengan gunung tertinggi di pulau Jawa yaitu gunung Semeru. Pada hari Sabtu lalu (4/12/21) gunung Semeru mengalami erupsi yang menyebabkan wilayah Lumajang terdampak serius. Meskipun Dusun Argosuko hanya mengalami hujan abu yang tidak menyebabkan kerusakan fatal namun perlu adanya kesiapsiagaan warga Dusun Argosuko menghadapi terjadinya bencana gunung api.

Penyuluhan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi terjadinya bencana gunung api dilakukan selama 3 hari (14/01-16/01) secara door to door, dari rumah ke rumah. Hal-hal yang disampaikan kurang lebih terkait persiapan untuk menyimpan surat-surat berharga dan barang yang diperlukan ketika terjadi bencana, yaitu disimpan dalam tas siaga. Memberitahukan letak titik kumpul di dusun Argosuko, yaitu di balai dusun Argosuko, dan beberapa hal lain yang perlu dipersiapkan ketika terjadi bencana gunung api.

Penyuluhan berjalan dengan lancar dan masyarakat menyambut dengan baik, sehingga penyuluhan juga tersampaikan dengan baik. Selain diadakan penyuluhan juga dilakukan penempelan poster terkait kesiapsiagaan masyarakat untuk menghadapi terjadinya bencana gunung api, yaitu ditelakkan di tiap-tiap pos kamling dan Balai Dusun Argosuko, agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati.

Pemasangan Poster di Balai Dusun Argosuko (Dokpri)
Pemasangan Poster di Balai Dusun Argosuko (Dokpri)

Poster Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gunung Api (Dokpri)
Poster Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gunung Api (Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan