Kesehatan

Farmasi di Era Revolusi Industri 4.0

6 April 2019   22:45 Diperbarui: 6 April 2019   23:18 111 1 0

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,,,,,,Perkenalkan saya muh fahrul winarya yang kerap disapa Panjul. saya salah satu mahasiswa farmasi di salah satu perguruan tinggi yang ada di makassar,disini saya akan membahas keterkaitan Farmasi di era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri yang keempat yang dimana semuanya sudah serba mesin . Baik sebelum kita jauh melangkah pertama-tama apasih Farmasi itu?

     Farmasi pada dasarnya merupakan sistem pengetahaun yang mengupayakan dan menyelenggarakan jasa kesehatan dengan melibatkan dirinya dalam mendalami, memperluas, menghasilkan dan mengembangkan pengetahuan tentang obat dalam arti dan dampak obat yang seluas-luasnya serta efek dan pengaruh obat pada manusia dan hewan.

 Tak hanya itu pengetahuan farmasi disampaikan secara selektif kepada tenaga profesional dalam bidang kesehatan dan kepada masyarakat umum agar pengetahuan mengenai obat dan produk obat dapat memberikan nyata bagi kesehatan perorangan dan kesejahteraan umum masyarakat.

Berbicara tentang karir seorang farmasis ada beberapa namun kali ini yangakan di bahas ialah Farmasi industri,Farmasi industri adalah badan usaha yang memiliki izin dari pemerintah umtuk melakukan kegiatan pembuatan obat ataupun bahan obat Keterkaitan Farmasi dalam dunia industri sangatlah penting  dalam pemasaran produk, riset dan pengembangan produk, pengendalian kualitas, produksi dan administrasi atau manajemen. Fungsi perwakilan pelayanan medis (medical service representative) atau "detailman" yang bertugas dan langsung berhubungan dengan Dokter dan Apoteker untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan industri farmasi mungkin juga dijabat seorang Farmasis atau tenaga ahli lain. Namun paling ideal apabila fungsi itu dipegang seorang Farmasis atau tenaga ahli lain. Namun paling ideal apabila fungsi itu dipegang seorang Farmasis karena latar belakang pengetahuannya. Saat ini memang tidak banyak Farmasis yang mengisi jabatan ini karena jumlahnya belum mencukupi, dan lebih dibutuhkan di tempat pengabdian profesi yang lain. Peningkatan karir jabatan ini dapat mencapai tingkat supervisor dalam pemasaran produk, dan direktur pemasaran produk dalam organisasi industri farmasi.Dalam dunia industry farmasi aspek yang sangat di kedepankan ialah aspek mutu yang baik,ada berbagai tahapan ujian mulai dari bahan baku hingga menjadi  kemasan,tentunya menyokong suatu keberhasilan suatu produk  Jadi seorang profesional akan mencurahkan waktunya untuk tugas-tugas yang dikerjakan sendiri secara manual dan Sebaliknya,  seorang apoteker mungkin lebih terarah  untuk menemukan beberapa cara agar   kebutuhan Pelanggan pelanggan terpenuhi .Menerapkan konsep ini membutuhkan lebih sedikit orang  untuk melakukan pekerjaan yang berkualitas tinggi atau berkelas .Akan tetapi ini bukan membicarakan tentang  perorangan melainkan suatu tim karena keterampilan yang berbeda sangat dibutuhkan untuk memulai.

       REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Telah mengubah cara  hidup, bekerja,  juga hubungan satu sama lain di setiap bidang masing masing  . Tantangan yang  dihadapi dunia saat   ini, mungkin yang paling besar ialah  bagaimana membentuk Revolusi Industri 4.0 yang dimulai di  permulaan abad ini. Teknologi dan pendekatan baru yang menggabungkan dunia fisik, digital, dan biologi dengan cara yang fundamental akan mengubah  manusia. Revolusi industri sekarang bertopang pada Revolusi Industri ketiga, dengan ciri transformasi yang berbeda dari revolusi sebelumnya. ada tiga hal yang membedakan Revolusi Industri keempat dibanding Revolusi Industri sebelumnya. Tiga hal tersebut menjadi alasan mengapa transformasi yang terjadi saat ini bukan merupakan suatu perpanjangan revolusi digital, namun lebih merupakan suatu revolusi transformasi baru. Pertama, inovasi dapat dikembangkan dan menyebar sangatlah  jauh lebih cepat dari sebelum-sebelumnya. Kecepatan  ini terjadi karena adanya  terobosan-terobosan baru. Era ini terjadi pada skala eksponensial dan bukan lagi pada skala linear. Kedua, penurunan biaya produksi marjinal dan munculnya platform yang dapat menyatukan dan mengkonsentrasikan beberapa bidang keilmuan terbukti meningkatkan output pekerjaan. Transformasi yang seperti dapat mengakibatkan perubahan dengan ruang lingkup yang begitu luas sehingga menyebabkan perubahan pada seluruh sistem produksi, manajemen, maupun tata kelola. Ketiga, revolusi secara global sangat berpengaruh besar dan terbentuk di  semua negara di dunia, di mana cakupan transformasi ini terjadi di  setiap bidang industri, dan bahkan akan mempunyai dampak menyeluruh pada  sistem di banyak tempat.Dalam  menghadapi era revolusi industri yang sekarang  maka diterbitkan inovasi ke arah apotek online, contoh aplikasi yang sudah menggunakan jaringan internet yaitu k24klik, GoApotik.com, Apotik pintar, dan Medicastore.

Dalam pelayanan E-pharmacy adapun cara pengolahannya yaitu apotek akan terhubung dengan system elektronik dan jaringan internet, setelah itu masyarakat dapat memesan  obat yang telah di berikan resep lewat aplikasi online dan diterima oleh apotek, lalu apotek akan memberikan informasi tentang obat yang akan dibeli oleh pasien, setelah mendapat informasi obat, maka selanjutnya obat diantarkan ke pasien. Dan setelah itu tetap harus dalam pengawasan dan pembinaan. Cara ini  adalah cara yang sangat memudahkan pasien untuk  bisa lebih efisien mendapatkan obat tanpa harus lagi keluar rumah dan ketika  sedang membutuhkan obat dalam keadaan darurat atau emergency

Rancangan ini dibutuhkan  aturan E-apotek yakni, peningkatan aksesbilitas, keterjangkauan dan pelayanan seorang farmasis kepada masyarakat. Penataan penyelegaraan kefarmasian apotek memanfaatkan sistem elektronik. Tujuan dilakukan pengaturan terhadap E-pharmacy yaitu agar dapat  meningkatkan aksesbilitas, keterjangkauan dan kualitas pelayanan kefarmasian diapotek secara elektronik. Memberikan perlindungan kepada pasien dan masyarakat dalam pelayanan kefarmasian apotek secara elektronik. Dan juga  menjamin kepastian hukum bagi tenaga kefarmasian dalam pelayanan kefarmasian apotek secara elektronik.

Improvement Customer Care  juga berguna untuk pengembangan aplikasi untuk customer ataupun pelanggan misalnya aplikasi Home care pharmacy. Aplikasi reminder (mengingatkan) minum obat kepada pasien,monitoring pasien, konseling dan informasi obat. Data base pasien berupa PMR, dan big data pasien. Dan meingkatkan relationship management antara pasien dan farmasis.

Aplikasi home care merupakan aplikasi yang menerapkan salah satu system dalam home pharmacy care, sistemnya saling terintegrasi antar apotek satu dengan yang lainnya. Pada aplikasi Home care  ini berisi data pasien yang berisi informasi terkait data pribadi pasien, rekam medis, dalam penggunaan aplikasi ini setiap pasien memiliki akun pribadi masing-masing. Mengingatkan penggunaan obat kepada pasien dan informasi konseling dan customer service.

Reminder penggunaan obat aplikasi ini bertugas untuk mengingatkan pasien dalam waktu penggunaan obat. Jadwal penggunaan obat akan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada  apoteker dan apotekerlah  yang akan melakukan penyusunan  jadwal dan menginput jadwal kedalam aplikasi.

Penerapan Teknologi dalam industry Farmasi 

    Sekarang, resep obat untuk  pasien dapat dicetak dari komputer dan dapat diakses  dengan mudah secara elektronik. Para dokter dapat menggunakan fitur online untuk menemukan obat terbaik untuk penyakit pasien dan menghitung dosis yang diperlukan dan tepat waktu bahwa obat itu harus diambil. Ini menandakan  bahwa pasien memiliki dosis yang tepat  dan lebih mungkin untuk pulih dan sehat kembali  dengan cepat. Ini juga berarti bahwa obat-obatan mahal tidak disia-siakan oleh dokter meresepkan ke  dosis yang tinggi, atau terlalu waktu reguler. Penggunaan komputer juga berarti bahwa kita  cepat dapat mengetahui perkembangan baru atau obat-obatan. Hal ini juga jauh lebih cepat untuk mencetak salinan setelah mengisi  di komputer, daripada mengisinya dengan tangan (dan jauh lebih mudah bagi apoteker dan pasien untuk membaca).

Penggunaan komputer dan internet juga berarti bahwa pasien dapat membuat diagnosis sendiri suatu penyakit. Hal ini menjadi semakin populer. Beberapa pasien mencari gejala mereka di website kesehatan atau khusus CD-ROM dan mungkin mencoba untuk mendiagnosis apa penyakit yang mereka alami. Ini memiliki poin yang baik dan buruk. Sisi baik itu bahwa  ini lebih banyak waktu bagi dokter untuk menangani pasien yang memiliki penyakit serius. Poin yang buruk adalah bahwa hal itu akan sangat mudah untuk mendapatkan diagnosis yang salah (karena beberapa website yang tidak dapat diandalkan) dan pasien dapat mendiagnosis diri dengan sesuatu yang jauh lebih serius daripada yang mereka miliki , atau sesuatu yang jauh kurang serius maka telah (dan dalam hal ini, mungkin tidak mencari nasihat medis apabila diperlukan sebagai penyakit sebenarnya serius.)

'resep Elektronik (e-resep) sistem dapat memainkan peran penting dalam mengurangi kesalahan pengobatan. "

           Jadi sebagai seorang farmasi kita harus mengikuti arus Revolusi industri karena revolusi industri sangatlah penting terutama dalam bidang Farmasi industri yang dimana pada era industri yang sekarang dipenuhi dengan serba serbi kecanggihan yang dimana dapat membantu dalam proses pembuatan sediaan farmasi yang lebih berkualitas sekian dari saya lebih kurangnya mohon di maafkan karena seperti pepatah mengatakan"Tak ada gading yang tak retak" Terima kasih