Mohon tunggu...
Fahmi Rois
Fahmi Rois Mohon Tunggu... Penulis - mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Adaptasi atau Terseleksi!

3 Agustus 2021   18:02 Diperbarui: 3 Agustus 2021   18:05 19 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adaptasi atau Terseleksi!
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

29 Juli 2021 KKN UNDIP #kknkabdukuh #kkntim2periode2021 #p2kknundip #lppmundip #undip

Grogol, Salatiga (29/07/2021) Mahasiswa KKN Undip Tim 2 Tahun 2021 melaksanakan kegiatan di masyarakat pada tanggal 29 Juli 2021 di wilayah domisili masing-masing. Sesuai dengan Tema KKN tahun ini "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs)". Pada minggu ke III kegiatan KKN Tim 2 diisi dengan pelaksanaan program individu yang dilaksanakan oleh Fahmi Rois pada hari Kamis dengan tema " Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Lingkungan Anak".

Di era new normal ini masih banyak yang belum terbiasa dengan kegiatan menggunakan anjuran prokes pemerintah, sehingga kasus semakin meningkat akhir-akhir ini. Hal tersebut disebabkan karena masih banyak masyarakat yang belum paham akan bahaya virus Covid-19. 

Kurangnya informasi dan edukasi yang diterima, khususnya masyarakat menengah kebawah, menyebabkan rendahnya kesiagaan atau kesadaran diri dalam menghadapi pandemi ini. 

Maka dari itu, pemberdayaan dan edukasi kepada masyarakat sekitar terhadap bahaya Covid-19 dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tetap perlu dilakukan. Melalui program kerja KKN ini yaitu pembuatan desain infografis dan pemberdayaan masyarakat terkait adaptasi kegiatan era new normal dapat mengedukasi masyarakat sekitar di masa pandemi ini dan dapat membantu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Edukasi adaptasi di era new normal ini mempunya beberapa topik yang dibahas khususnya yang berkaitan dengan kegiatan dimasyarakat terutama pada anak-anak. Kegiatan ini difokuskan pada anak-anak sebagai upaya membiasakan anak-anak untuk adaptasi dalam melakukan berbagai aktivitas diluar rumah. 

Dalam pelaksanaannya, dengan dilakukan edukasi secara online kepada kepala keluarga pada setiap rumah di daerah Grogol yang diharapkan dapat menyalurkan informasinya kepada keluarga masing-masing termasuk anak.

Masker menjadi barang yang sangat dibutuhkan dan menjadi barang yang penting saat masa pandemi. Guna mencegah penularan virus corona dari pasien ke tubuh kita, maka penggunaan maskermenjadi salah satu opsi untuk membuat tangan kita bersih dari kuman. Masker direkomendasikan jika melakukan kegiatan diluar rumah pada anak, masker direkomendasikan karena memiliki manfaat dalam pencegahan penularan virus. 

Fahmi Rois sebagai penanggung jawab edukasi mengatakan bahwa cara menggunakan masker yang baik dan benar dilandaskan pada aturan pemerintah yang mewajibkan menggunakan masker berlapis dan merekomendasikan pemakaian masker sesuai jenis masker yang daya tahannya berbeda. 

Fahmi melakukan sosialisasi penggunaan masker melalui pembagian poster kepada peserta pertemuan secara daring yang kemudian dibagikan ke grup WA masing-masing warga untuk disalurkan ilmunya kepada sanak saudara.

 Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat sekitar, yang juga antusias dan ikut serta dalam program tersebut. Adanya program tersebut Fahmi berharap masyarakat dapat menggunakan ilmu tersebut dalam beraktivitas sehari-hari dan terhindar dari virus dan bakteri.

Penulis : Fahmi Rois (FK)

Dosen Pembimbing Lapangan : Bagus Rahmanda, S.H., M.H

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN