Mohon tunggu...
Fadya ElvaRiani
Fadya ElvaRiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa program studi ilmu lingkungan Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Unnes Giat 3 Desa Kasreman Adakan Pawai Bersama Tk Hamong Putro Menggunakan Kostum dari Sampah Plastik

4 Desember 2022   23:06 Diperbarui: 4 Desember 2022   23:26 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan tentang pentingnya menjaga lingkungan dan pembuangan sampah berkelanjutan sejak dini akan berdampak signifikan terhadap perilaku ramah lingkungan di masa depan. Jepang yang menerapkan pendidikan lingkungan dan penanganan sampah sejak dini berhasil menjadikan perilaku bersih, tertib, dan disiplin sebagai kebiasaan hidup sehingga efeknya sangat nampak dalam kehidupan sehari-hari dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan baik dan disiplin dengan aturan (Rahim,2020).

Dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebersihan lingkungan terhadap anak sejak dini, mahasiswa UNNES GIAT 3 Desa Kasreman mengadakan kegiatan sosialisasi pemilahan sampah dan sebagai outputnya adalah baju yang terbuat dari sampah plastik yang digunakan saat pawai bersama anak-anak TK Hamong Putro, pada sabtu 3 Desember 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan pengelolaan sampah dengan cara yang menyenangkan pada usia anak-anak TK sebagai salah satu bentuk pembelajaran. 

dokpri
dokpri

Rangkaian kegiatan ini dimulai pada tanggal 23 November diawali dengan sosialisasi terkait pemilahan sampah melalui video animasi agar menarik bagi anak-anak. kegiatan sosialisasi ini juga diikuti dengan menempelkan poster terkait pemilahan sampah. Dengan demikian diharapkan anak-anak akan lebih memperhatikan dan mudah memahami materi yang disampaikan. Pada pertemuan selanjutnya tanggal 2 desember, melibatkan kreativitas siswa dengan mewarnai mahkota dari karton yang sudah disiapkan oleh mahasiswa.Kegiatan mewarnai mahkota dilaksanakan pada tanggal 2,satu hari sebelum kegiatan jalan sehat. Anak-anak dibebaskan mewarnai sekreatif mungkin dan hasil dari mereka mewarnai mahkota akan digunakan mereka sendiri pada saat jalan sehat. Selanjutnya pada hari sabtu tanggal 3 desember adalah puncak dari kegiatan sosialisasi pemilahan sampah.Kegiatan pada tanggal 3 Desember adalah jalan sehat bersama anak-anak TK dengan 2 perwakilan menggunakan kostum dari daur ulang sampah lalu berjalan bersama mengelilingi desa Kasreman dengan masing-masing anak memakai mahkota dari hasil kreasi sendiri dan membawa bendera merah putih untuk memeriahkan.Selain itu juga pada saat jalan sehat anak-anak menyanyi bersama agar lebih semangat dan tidak merasa capek.Setelah jalan sehat anak-anak diajak untuk melakukan tepuk semangat agar mereka tidak merasa capek setelah jalan sehat.Setelah melakukan tepuk semangat bersama-sama,lalu dibagikan snack dan minuman yang sudah disiapkan oleh mahasiwa UNNES GIAT untuk dinikmati bersama-sama. Sebelum menikmati snack anak-anak diajak untuk berdoa bersama sebelum makan. 

dokpri
dokpri

Kegiatan ini berjalan lancar dengan antusias yang cukup baik dari anak-anak TK Hamong Putro dan diakhiri dengan foto bersama guru dan anak-anak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun