Mohon tunggu...
Fadli Firas
Fadli Firas Mohon Tunggu... Sang Penjelajah

email: rakhmad.fadli@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

8 Rahasia Daya Tarik Singapura

26 November 2019   18:00 Diperbarui: 27 November 2019   17:43 200 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Rahasia Daya Tarik Singapura
DOK.PRIBADI

Singapura. Negara mini yang menginspirasi. Setiap berkunjung ke negara ini banyak sekali pelajaran yang bisa didapat. Mulai dari bagaimana negara ini menata kotanya hingga mengatur manusia yang ada di dalamnya.

Luas negara mungil ini memang setara dengan Pulau Batam atau Pulau Kundur di seberangnya yaitu 722,5 km. Meskipun kecil, namun masih banyak tempat yang belum dan ingin disinggahi.

Bagi sebagian orang, negara ini terasa membosankan. Mengekang kebebasan. Beragam aturan yang ada dianggap berlebihan. Tidak hanya sampah, perkara membuang ludah saja diatur sedemikian rupa beserta denda yang harus dibayar.

Namun, bagi yang menyukai ketertiban, Singapura merupakan tempat berlibur yang menyenangkan.

Banyak yang bisa dipelajari dari negara yang terkenal dengan keteraturannya ini. Mulai dari aspal jalan yang rapi, trotoar yang nyaman, hingga pada perkara remeh seperti permukaan tanah yang diselimuti rumput.

Sekilas terlihat biasa saja. Namun, siapa sangka memanfaatkan rumput untuk menutupi permukaan tanah ternyata sangat berpengaruh bagi keindahan Singapura.

[VIDEO BELAJAR DARI SINGAPURA]

Tidak sekadar dinikmati, negara mungil ini juga menarik untuk diamati. Apa saja yang membuat negara maju ini tampak menarik. Berikut delapan poin di antaranya:

1. Menutupi tanah gersang dengan rumput

SEBELUM (DOK.PRIBADI)
SEBELUM (DOK.PRIBADI)
SESUDAH (DOK.PRIBADI)
SESUDAH (DOK.PRIBADI)
Jika diperhatikan, di negara ini hampir tidak pernah ditemukan tanah menganggur atau terbiar gersang begitu saja. Hampir semua permukaan tanah ditutupi oleh rumput.

Sekilas terlihat remeh. Namun, praktik penghijauan seperti ini sangat berpengaruh bagi keindahan sebuah kota. Aura hijau yang terpancar menyegarkan mata yang memandang.

Selain rumput, permukaan tanah kosong juga ditutup permanen oleh beton atau paving block. Berbeda dengan rumput, penutupan tanah dengan cara ini tentu saja tidak bisa sembarangan. Harus mempertimbangkan dampak negatifnya agar terhindar dari banjir.

2. Trotoar
Selain penghijauan, yang menjadi daya tarik selanjutnya pada Singapura adalah keramahannya pada pedestrian atau pejalan kaki. Pejalan kaki dimanjakan dengan trotoar yang aman dan nyaman. Berjalan kaki di negara ini menjadi salah satu aktifitas yang menyenangkan.

Bayangkan, jika pejalan kaki tidak difasilitasi trotoar. Berjalan menggunakan sisa pinggiran aspal dengan rasa was-was karena kendaraan yang melintas dari belakang luput dari pantauan. Atau menjejaki bahu jalan berupa tanah gersang yang tidak jelas batasannya dan rentan terpapar debu.

Selain melintasi pinggiran aspal, teras-teras rumah dan toko milik warga terkadang menjadi pilihan. Para pedagang yang membuka lapak di bahu jalan tanpa memedulikan hak pejalan kaki juga menjadi biang masalah.

Dalam hal trotoar, Singapura patut menjadi contoh. Negara ini tidak sekadar membangun trotoar permanen. Bahkan, jalan yang terkena imbas proyek pembangunan pun wajib menyediakan trotoar darurat.

Fasilitas trotoar di Singapura sangat menghargai pejalan kaki. Sambung menyambung hampir mengelilingi seluruh kota. Bahkan jika sanggup, Anda bisa mengelilingi negara kecil ini dengan berjalan kaki tanpa rasa was-was.

3. Aspal Jalan Rapi
Selain penghijauan dan trotoar, jalan yang beraspal rapi juga sangat berperan bagi keindahan sebuah kota. Perhatikan gambar berikut. Perbandingan sebelum dan sesudah aspal jalan terlihat rapi. Gambar yang berlokasi di Pulau Kundur ini hanya sebuah contoh saja.

SEBELUM (DOK.PRIBADI)
SEBELUM (DOK.PRIBADI)
SESUDAH (Loc. Pulau Kundur)
SESUDAH (Loc. Pulau Kundur)
Solusi jalan yang rapi tidak hanya dengan pengaspalan ulang. Anggaran yang terbatas bisa disiasati dengan menambal lubang jalan yang mengganggu. Itu saja sudah cukup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x