Mohon tunggu...
Fadil M
Fadil M Mohon Tunggu... Lainnya - Panggil saja begitu

Dewasa itu pilihan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) Kajian yang Bisa Mengatur Manusia di Perusahaan?

21 September 2021   20:50 Diperbarui: 22 September 2021   04:51 518 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) Kajian yang Bisa Mengatur Manusia di Perusahaan?
Source : Tuv.com

Hai, assalamualaikum.

Sadar kan di era sekarang ini perkembangan di dunia industri itu semakin pesat perkembangannya? Pasti kita semua sadar dong ya, terutama di negara kita ini yang semakin juga banyak bermunculan industri industri baru yang bahkan segmentasinya itu amat sangat beragam.
Tapi, berbicara soal industri. Pernahkah kalian terbesit gimana sih mengelola Sumber Daya Manusia yang sebegitu banyaknya di dalam sebuah perusahaan?

Kemudian sejauh mana perusahaan itu berorientasi pada kestabilan Sumber daya manusia yang dimilikinya?

Apalagi soal psikologisnya, karena mau tidak mau mereka semua harus berkompetensi dalam bidang masing-masing ditambah lagi mereka akan bekerja dibawah tekanan yang cukup tinggi mengingat persaingan industri, betul bukan?

Hal yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu ialah. 

Perusahaan sangat memikirkan aspek tersebut, terutama "Psikologi" setiap pekerjanya, dari mana hal itu kita tau? Tentu saja karena, didalam sebuah perusahaan terdapat satu bidang manajemen sumber daya manusia yang berkonsentrasi pada bidang itu, dan konsetrasi bidang itu dikenal dengan "Psikologi Industri dan Organisasi".

Sebetulnya apa itu Psikologi Industri dan Organisasi itu? Salah satu definisi menurut ahli yaitu Aamodt (2010) menjelaskan bahwa Psikologi Industri dan Organisasi ialah "Cabang dari ilmu psikologi yang mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmu psikologi di tempart kerja". 

Yang mana tujuan utamanya adalah meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan, yang dicapai dengan dua pendekatan, antara lain pendekatan “industrial” dan pendekatan “organizational”. Pendekatan industrial fokus pada menentukan kompetensi untuk mendukung pekerjaan,  melengkapi organisasi dengan staff yang telah memiliki kompetensi, dan meningkatkan kompetensi karyawan melalui pelatihan.

Sedangkan pendekatan organisasional menciptakan struktur dan budaya organisasi yang akan memotivasi karyawan untuk bekerja dengan baik, memberi informasi yang dibutuhkan karyawan tentang pekerjaannya, dan mencipatakan kondisi kerja yang aman serta menghasilkan lingkungan kerja yang nyaman dan memuaskan. (Aamodt 2010)

Dari garis besar yang terlihat bahwasannya memang, fokus utama bidang ilmu ini adalah orang yang terdapat dalam sebuah tempat kerja, dimana setiap hal yang berkaitan dengan kompetensi, kemudian kinerja, dan juga rasa nyaman pada lingkungan kerja menjadi target dari adanya bidang keilmuan Psikologi Industri dan Organisasi atau dengan mudah biasanya disingkat PIO.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan