Selama masa pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia di awal tahun 2020 membawa seluruh masyarakat Indonesia ada pada masa-masa yang sulit. Keadaan ini memaksa kita untuk beradaptasi dan berimprovisasi, termasuk dalam bidang pendidikan. Pembelajaran di sekolah pun dilakukan dengan sistem daring (online) yaitu menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.Â
Seluruh siswa melakukan kegiatan belajar dari rumah masing-masing dengan didampingi oleh orang tua secara langsung dan dibimbing oleh guru dari sekolah. Orang tua pun harus turut serta bertanggung jawab secara langsung bagi terlaksananya pembelajaran yang efektif dan inovatif bagi anaknya selama masa pandemi.
Selain dampak masa pandemi ini dirasakan oleh siswa, Guru pun juga harus menerima dampak dari adanya pandemi Covid-19 yaitu guru juga harus melaksanakan pengajaran pembelajaran secara daring. Guru juga dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kecanggihan teknologi yang ada, karena biasanya guru bisa mengajarkan siswanya secara langsung dikelas dengan cara bertatap muka, tetapi saat ini guru harus bisa melakukan pembelajaran dengan video conference.
Kegiatan pembelajaran harus tetap dilaksanakan secara baik dan optimal supaya Siswa di Indonesia tidak tertinggal jauh pada Pembelajaran. Oleh karena itu kegiatan pembelajaran ini dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi penunjang seperti Zoom Meetings, Google Meet, Whatsapp dsb. Seperti yang terdapat di SD Bani Saleh 3 pada awal masa pandemi sudah menggunakan media Video Conference sebagai komunikasi antara guru dan murid dalam menerima pembelajaran daring secara optimal.
Sebelum melakukan kegiatan program KKN Tematik ini saya melakukan observasi dengan mewawancarai beberapa guru untuk menanyakan kesulitan apa saja dalam mempersiapkan pembelajaran. Beberapa guru pun menyampaikan keluh kesah nya setelah melakukan wawancara.
"Kadang untuk membuat media pembelajaran guru sering tidak sempat, sehingga terkadang guru hanya memakai e-book  dan video saja, dan tidak semua guru juga bisa membuat media pembelajaran seperti Powerpoint, Canva dsb". ujar salah satu guru
Fadilla Dwi R, salah satu peserta KKN Tematik UPI 2021 yang merupakan mahasiswa UPI Kampus Bumi Siliwangi melaksanakan kegiatan penguatan pembelajaran daring kepada guru kelas 4 dengan membantu membuat media pembelajaran pelajaran Tematik dan juga membantu guru dalam menggunakan media Canva. Selain itu juga saya melakukan pendampingan kepada siswa SD Kelas 4 melalui media Zoom Meetings.Â
Kegiatan pembelajaran daring dengan menggunakan Zoom Meetings ini dilaksanakan selama 3 jam mulai dari jam 7 Pagi sampai dengan jam 10 Pagi. Setiap hari nya guru melakukan pembelajaran dengan e-book saja mungkin terkadang siswa merasa bosan, dengan adanya program kegiatan penguatan pembelajaran daring kepada guru. Saya membantu membuatkan media pembelajaran dengan menggunakan Canva dan ternyata memberikan dampak positif bagi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas, karena banyaknya animasi dan adanya video yang di munculkan dalam media tersebut.Â