Mohon tunggu...
Fadilah Dwi Cahyati
Fadilah Dwi Cahyati Mohon Tunggu... Mahasiswi IAIN Jember

Jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain Do the Better of the Best

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Metodologi dalam Studi Islam

8 Desember 2019   12:53 Diperbarui: 8 Desember 2019   13:28 305 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Metodologi dalam Studi Islam
20191007-002630-5d9a24820d82306cd0498662.jpg

A. Metodologi Studi Islam

Metodologi berasal dari 2 kata yaitu Metode dan logi. Metode berarti cara teratur yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan agar tercapai suatu yang diinginkan. Metodologi adalah ilmu tentang metode. Studi adalah penelitian ilmiah kajian. Metodologi Studi Islam adalah ilmu cara teratur yang digunakan untuk memudahkan karya ilmiah terhadap sesuatu yang berhubungan dengan Islam agar tercapai sesuatu yang diinginkan.

Metodologi dibagi menjadi 4 yaitu:

1. Metode Social Stories

Metode adalah cara teratur yang digunakan untuk melakukan suatu perkerjaan agar tercapai suatu yang diinginkan. Metode Social Stories adalah metode belajar islam yang menonjolkan aspek sejarah  dengan melihat suatu pernyataan yang mempunyai hubungan dengan waktu, tempat, budaya, dan lingkungan.

2. Pendekatan Fenomenolog

Ialah pendekatan yang mengkaji tentang keberagamaan. Pendekatan fenomenolog adalah berusaha memahami berbagai gejala keagamaan sebagaimana apa adanya dengan cara membiarkan manifestasi pengalaman agama berbicara bagi dirinya sendiri. Secara gampang dapat diartikan sebagai pendekatan yang mencoba menggabungkan sifat obyektif dan subjektif yang ada dalam diri setiap pengkaji agama.

3. Pendekatan Filologi

Filologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 kata yaitu "philos" yang berarti cinta dan "logos"yang berarti kata atau ilmu. Dalam bahasa Yunani Filologi berarti cinta kata-kata atau cinta ilmu.  Filologi juga dipakai untuk menyebut ilmu yang berhubungan dengan studi teks yaitu studi yang yang dilakukan dalam rangka mengungkapkan hasil budaya yang tersimpan di dalamnya. Filologi bertujuan mengungkapkan hasil budaya masa lampau sebagaimana yang terungkap dalam teks aslinya.

4. Pendekatan Komparatif

Dalam kamus besar bahasa Indonesia pendekatan berarti proses atau cara mendekati. Sedangkan komparatif berasal dari bahasa Latin yakni comparativus yang berarti kemampuan menggunakan metode untuk mengetahui persamaan atau perbedaan yang ditentukan dengan pengujian secara simultan dari dua hal atau lebih. Pendekatan komparatif adalah suatu cara untuk dapat memahami atau mengetahui suatu ilmu dengan menggunakan suatu perbandingan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x