Mohon tunggu...
Fadia Yuda Mahendra
Fadia Yuda Mahendra Mohon Tunggu... KKN Covid19

yuhu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pandemi Bukan Berarti Tidak Bisa Mengabdi

4 Juli 2020   00:37 Diperbarui: 4 Juli 2020   00:40 4 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Bukan Berarti Tidak Bisa Mengabdi
Kegiatan peningkatan pemahaman masyarakat terkait Covid-19 oleh Yuda dengan menerapkan protokol kesehatan (dokpri)

Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) secara resmi telah menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) khusus Covid-19. Kegiatan KKN yang biasanya dilakukan secara berkelompok kedalam suatu daerah tertentu, kini diubah menjadi KKN Covid-19 yang dilakukan secara mandiri di daerah asal mahasiswa. KKN Covid-19 ini secara umum dilakukan oleh mahasiswa semester 6 dengan berbagai macam tema pendukung yang dapat diambil oleh mahasiswa.

Fadia Yuda M (NIM G0017064) merupakan salah satu mahasiswa bimbingan Bapak Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si., M.Si yang melakukan KKN Covid-19 di desa asalnya, yaitu Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Yuda adalah mahasiswa semester 6 dari Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran UNS yang mengangkat tema Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap COVID 19.

Ada empat program utama yang dilakukan oleh Yuda, yaitu Program Edukasi dan Peningkatan Pemahaman Masyarakat tentang Covid19, Program Peningkatan Kesehatan Warga, Program Monitoring Kesehatan Masyarakat, dan Program Penunjang Pendidikan.

Menariknya, Yuda menggunakan Bahasa Jawa dalam setiap poster yang digunakannya untuk melakukan edukasi terkait Covid-19. Hal tersebut tentunya sangat membantu bagi masyarakat Desa Sidomulyo khususnya bagi yang berusia lanjut untuk dapat lebih memahami hal-hal yang berkaitan dengan Covid-19.

Sampai saat ini sudah ada sekitar 9 jenis poster dengan materi yang berbeda-beda yang digunakan oleh Yuda untuk melakukan supporting pemahaman masyarakat tentang Covid-19.

Selain itu, bersama dengan Karang Taruna Desa Sidomulyo, Yuda melakukan monitoring kesehatan bagi siapa saja yang hendak memasuki Desa Sidomulyo dengan melakukan pengecekan suhu tubuh, menyemprotkan hand sanitizer, membagikan masker dan edukasi.

Tidak hanya sampai disitu, untuk meningkatkan kesehatan warga Desa Sidomulyo, Yuda juga membagikan 80 Paket Penunjang Kesehatan kepada warga yang terdiri dari susu, sari kacang hijau, vitamin C, masker kain, dan madu. Keseluruhan rangkaian program KKN Covid-19 ini dilaksanakan dari bulan Mei-Juni 2020. 

VIDEO PILIHAN