Mohon tunggu...
Fadia SyifaAzzahra
Fadia SyifaAzzahra Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi Pariwisata UGM Angkatan 2019.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pesona Unik Api Biru Kawah Ijen

28 Maret 2020   19:10 Diperbarui: 28 Maret 2020   19:31 35 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Unik Api Biru Kawah Ijen
(Sumber foto: superadventure.co.id)

Kawah Ijen adalah kawah yang terletak di puncak Gunung Ijen. Gunung Ijen sendiri adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Kawah Ijen adalah salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di kalangan pencinta alam karena blue fire atau api biru yang terdapat di dalam kawah yang terletak di puncak Gunung Ijen.

Blue fire sendiri adalah peristiwa langka yang terjadi akibat gas bumi yang bereaksi setelah bertemu dengan suhu udara tertentu. Kemunculan api biru di Kawah Ijen sendiri tidak konstan, terkadang besar, kecil, bahkan kadang tidak terlihat sama sekali. Waktu yang pas untuk mendaki dan melihat api biru ini ketika musim kemarau panjang. Api biru yang dihasilkan cenderung besar dan terlihat apik. Selain itu, api biru di Kawah Ijen ini akan terlihat lebih cantik ketika dilihat pada dini hari. Setelahnya wisatawan akan dapat melihat sunrise dari puncak Gunung Ijen.

Biaya masuk ke dalam objek wisata Kawah Ijen ini antara lain Rp5.000,- ketika weekdays dan Rp7.500,- ketika weekends. Jarak yang harus ditempuh oleh wisatawan untuk mencapai puncaknya sekitar 2 km. Jalan yang ditempuh cukup terjal dan memerlukan sekitar 3-4 jam untuk sampai ke puncak. Penduduk lokal menyediakan jasa ojek untuk wisatawan yang tidak sanggup untuk mendaki Gunung Ijen. 

(Sumber foto: banyuwangibagus.com)
(Sumber foto: banyuwangibagus.com)
Ojek yang ditawarkan adalah gerobak yang biasanya digunakan untuk mengangkut belerang yang dilapisi matras agar penumpangnya merasa nyaman. Jasa ojek ini dibandrol dengan harga Rp500.000,- s.d. Rp700.000,- perorang. Satu gerobak hanya dapat mengangkut satu orang saja.

Wisata Kawah Ijen ini adalah salah satu wisata yang wajib untuk dikunjungi karena api biru yang ada di Kawah Ijen ini adalah salah satu api biru dari dua api biru yang ada di dunia. Pengalaman yang ditawarkan melalui objek wisata ini tentu banyak dan akan menjadi pengalaman unik yang tidak terlupakan.

VIDEO PILIHAN