Mohon tunggu...
Fadhya Rachma Rizal
Fadhya Rachma Rizal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

4 Oktober 2022   14:26 Diperbarui: 4 Oktober 2022   14:44 28 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk membangun rasa tanggung jawab atas kehendak yang bebas dan berpikir secara logis pada tiap mahasiswa. Selain itu, geladi hominisasi ini juga menyadarkan kita akan identitas sebagai bangsa, makhluk yang berpikir, dan makhluk yang berbahasa. Geladi hominisasi memberikan banyak manfaat bagi kami.

Pertama, kami diberi tugas pra geladi yang mempunyai tujuan yaitu memperkenalkan kita lebih jauh tentang Indonesia. Kami akan diberi beberapa film dokumenter yang harus kami tanggapi. Ada beberapa pengetahuan yang saya dapat dari tugas ini dan tujuan tugas ini pun dapat tercapai bagi saya pribadi.

Selanjutnya, pada hari H kami mengikuti rangkaian geladi hominisasi dengan fokus. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok dengan teman-teman dari jurusan yang beragam lalu diajak berdinamika dalam kelompok serta berpikir kritis. Kami diberi tugas untuk mempresentasikan satu topik yang sudah ditentukan. Tiap topik yang diberikan masih berkaitan dengan Bangsa Indonesia. Tugas ini membantu melatih soft skill terutama teamwork, public speaking, dan time management. Baru mengenal satu sama lain dan langsung membuat satu presentasi dalam waktu yang cukup singkat adalah hal yang baru sekaligus menantang bagi saya. Kami dilatih untuk berdinamika dalam kelompok dan bekerja sama dalam merangkai materi yang akan dipresentasikan.

Selama geladi berlangsung, saya belajar banyak hal dari fasilitator dan juga dari teman teman lintas jurusan yang lain. Walaupun baru memgemal satu sama lain, kami bisa membangun chemistry antar anggota dan bekerja sama untuk merangkai materi presentasi bersama. Seluruh peserta geladi memiliki kreativitas dan gagasan yang luar biasa. Hal ini membuat saya kagum akan tiap peserta yang mempresentasikan topik secara jelas, kreatif, dan logis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan