Mohon tunggu...
Fadhli A
Fadhli A Mohon Tunggu... Mahasiswa - SEO

belajar tentang SEO

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

9 Tips for Better Copywriting

8 April 2023   09:18 Diperbarui: 8 April 2023   09:25 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

 Kita semua belajar bagaimana menulis di sekolah, tetapi ada beberapa teknik sederhana dalam periklanan yang dapat digunakan oleh penulis berpengalaman untuk menyampaikan pesan mereka dengan lebih efektif dan ringkas. 9 tips ini akan berguna saat menulis surat penjualan, brosur, atau situs web Anda berikutnya.

Hindari kata kerja konyol - jadilah dan jadilah.
Kata kerja "melakukan sedikit" ini hanya mengambil ruang dan menyatakan bahwa ada sesuatu di sana. Jadi jangan menulis: "Penghilangan sederhana dapat mengubah kalimat dari membosankan menjadi cemerlang." Tulis "Penghilangan sederhana dapat mengubah kalimat dari membosankan menjadi brilian." Hindari juga "Kami sedang menjalankan program baru dari kantor Dallas kami". Alih-alih pilih "Kami sedang menjalankan program baru dari kantor Dallas kami".

Tempatkan item terpanjang di akhir urutan. Mulailah dengan yang sederhana dan lanjutkan ke kompleks. Ini tidak terlalu membingungkan dan membuat kalimat lebih mudah diingat. Jika Anda menonton acara seperti "Dia selalu seperti Joan, keras dan membosankan." Pilih "Dia berisik, membosankan dan selalu terlambat kalau Joan".

Detailnya lebih menarik.
Jangan gunakan kata-kata seperti banyak, beberapa, tentang, hampir, dan pengubah musang kotor lainnya kecuali Anda harus melakukannya karena alasan hukum. Informasi yang akurat memberi tahu audiens Anda bahwa Anda tahu apa yang dapat dilakukan produk Anda berdasarkan pengujian, penelitian, hasil, dll. Sunting tetangga Anda.
Jadi frase tetangga. Pastikan pengubah Anda diterapkan langsung ke klausa yang dimaksud. Ketika Anda melakukan ini, hindari mengatakan hal-hal seperti, "Saya menabrak truk stasioner yang datang dari arah lain. (Truk itu tidak datang dari arah lain, itu tidak bergerak.) Lebih baik memberi tahu juri, "Saya datang dari arah lain. dan menabrak truk stasioner." (Anda tetap akan membayar denda karena tertabrak truk, tapi setidaknya Anda akan sadar.)

Gunakan kata kerja tunggal untuk menghindari pembicaraan ganda. Kata kerja tunggal seringkali dapat melakukan pekerjaan dari dua kata kerja yang serupa. Alih-alih "Komputer aktif dan berjalan lancar", pilih "Komputer berjalan lancar". Atau alih-alih "Itu kosong dan kehabisan bensin", pilih kata yang lebih langsung "Kehabisan bensin".

Variasikan panjang kalimat.
Menghubungkan kalimat dengan panjang yang sama bisa membosankan. Mulailah dengan kalimat panjang pendek atau setidaknya sedang, lalu panjang, pendek, sedang atau kombinasi dari semuanya. Bayangkan seseorang berbicara dalam kalimat yang panjangnya sama. Robot.

Apakah kalimat Anda seperti Kelinci Energizer?
Anda terus dan terus. Hanya karena Anda menyampaikan informasi hukum atau teknis yang kompleks tidak berarti Anda harus menggunakan kalimat ular tanpa akhir. Alih-alih mengatakan "sinar laser, yang memiliki banyak sifat yang membedakannya dari cahaya biasa, adalah hasil energi dari atom dalam bentuk gelombang elektromagnetik." Pemisahan dan pembentukan "Sinar laser memiliki banyak sifat yang membedakannya dari cahaya biasa. Mereka terbentuk ketika atom memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik." 

Tetap pendek dan manis.
Mengapa menggunakan kalimat 4-5 kata saat versi 1-2 kata berfungsi dengan baik - tanpa kehilangan makna? Pernyataan seperti "karena fakta" dapat dengan mudah direduksi menjadi "karena" atau "sejak". Ekonomi kata sangat penting, terutama saat Anda membayar ruang iklan premium di publikasi besar.

Jangan melebih-lebihkan yang sudah jelas.
Redundansi bagus untuk perjalanan luar angkasa, tetapi tidak untuk penulisan yang jelas. Frasa seperti "mengantisipasi", "siap", atau "hal-hal penting" membuat pembaca Anda gila dan sangat sedikit berkomunikasi. Hal yang sama berlaku untuk kombinasi dua atau lebih sinonim seperti "pikiran dan gagasan" atau "tindakan dan perilaku". Ini membuat pembaca bertanya-tanya apakah Anda benar-benar bermaksud mengatakan dua hal yang berbeda atau hanya memperkuat sebuah kata dengan sinonim yang tidak perlu.

Ikuti aturan sederhana berikut saat Anda mengalami masalah dengan surat penjualan, email, atau situs web tersebut. Mereka memungkinkan Anda untuk mengkomunikasikan pesan Anda dengan lebih jelas dan dengan daya jual yang lebih besar. Ingatlah bahwa alfabet bahasa Inggris memiliki 26 huruf. Gunakan dengan hati-hati.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun