"Liat deh,si A tiap hari share foto dan video anaknya yang udah bisa berhitung dalam tiga bahasa, padahal usianya masih 1,5 tahun."Â
"Aku bosen, mulai eneg nih si B dikit - dikit upload foto anaknya udah bisa bersihin makanannya yang tumpah."
"Lama-lama aku unfollow aja lah, nih orang kebanyakan pamerin anaknya mulu"
"Ehm, anakku kok belum bisa kayak anaknya si A, si B yang udah bisa ini itu ya?"Â
"Kapan ya, anakku bisa gitu padahal usianya udah segini."
Jadi begini, makin hari ada beberapa pengguna media sosial yang kurang selektif dalam berbagi cerita, foto, atau apapun itu dijejaring sosial miliknya. Sebagai contoh si A hampir tiap hari sharing foto atau video perkembangan anaknya. Terlalu sering lah intinya, tanpa dia sadari yang dia lakukan bisa berdampak negatif untuk dirinya sendiri dan juga orang lain yang melihatnya.
Akan tetapi, di sisi lain ada beragam respons dari yang melihatnya. Ada yang biasa saja, ada yang baper. Ada yang cuek, ada yang sampai unfollow saking enegnya.
Tidak ada salahnya berbagi cerita atau apapun di media sosial, tapi cobalah agar tidak over sharing. Kita tidak tahu satu per satu perasaan orang. Ada yang suka ada yang benci. Apalagi untuk yang tidak kuat iman ya, liat postingan orang tentang anaknya yang terlalu sering, padahal dia sangat merindukan hadirnya anak.
Hal seperti itu bisa membuat mereka yang belum punya momongan merasa sedih, tidak berdaya, dan merasa tidak berharga. Belum lagi kalau ada emak lain yang merasa sedih anaknya belum bisa begitu, padahal kan sebaya. Kalau untuk yang kuat iman mah kebal mau liat postingan model apapun.
Jadi, dipikirkan dulu deh kalau mau berbagi di medsos. Dipikirkan juga kalau terlalu sering tuh ganggu followersmu atau nggak. Dipilah-pilah juga dalam berbagi ataupun bercerita. Gunakan caption yang tidak menyinggung tapi yang menginpirasi. Syukur-syukur tetap memberinya dukungan sosial untuk antisipasi ada yang baper.
Kalau ngadepi yang eneg, dirasa-rasa sendiri saja lah terlalu over sharenting atau nggak. Bijaklah emak-emak pengguna media sosial. Jangan sampai juga, apa yang kamu share malah jadi bumerang untukmu sendiri.