Mohon tunggu...
Eva KristinaTambunan
Eva KristinaTambunan Mohon Tunggu... Aku berharap aku bisa menjadi telinga dan pundak untuk kamu. (Cek Bio)

Selamat datang di Diary, sebuah karya tulis yang tidak teratur berasal dari pikiran untuk sekedar bercerita sharing. Jikalau kalian ingin konsultasi atau bercerita tentang apa yang kalian rasakan kalian bisa langsung cek Linkedin aku atau kalian bisa langsung WA - 089673102901

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Ciri Mental Illness, Apakah Kamu Salah Satunya?

19 April 2021   15:23 Diperbarui: 19 April 2021   16:06 51 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ciri Mental Illness, Apakah Kamu Salah Satunya?
www.mcspartners.com.au

Kesehatan mental sedang gencar-gencarnya dibahas di Indonesia,  tapi walau sedang hangat diperbincangkan tapi tahukah kalian apa saja yang berkaitan dengan kesehatan mental?  Nah kali ini kita mau bahas mengenai bagian dari kesehatan mental yaitu Mental Illiness, jarang didengar tapi mari kita bahas.

Mental Illness merupakan penyakit gangguan kejiwaan yang mempengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku seseorang. Biasanya penderita yang mengalami gangguan kepribadian ini sulit membedakan perilaku yang dianggap normal dan tidak.

Dan ternyata WHO mengatakan, setengah dari penyakit mental bermula sejak remaja, yakni di usia 14 hal ini berkesinambungan dengan banyak kasus yang tidak tertangani sehingga buduh diri akibat depresi menjadi penyebab tertinggi kematian di usia 15-29 tahun.

Penyebab terjadinya Mental Illness terjadi karena banyak faktor, depresi, stress, akibat dari tekanan yang terjadi pada mental atau traumatik akan kehilangan sesuatu dan seseorang. Tekanan batik karena lingkungan sekitar atau orang tua, kurang perhatian atau kasih sayang dan masih banyak lagi.

Itulah sebabnya banyak para remaja stres atau depresi memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan terlarang, alkohol dan sebagainya. Lalu bagaimana ciri-ciri dari Mental Illness, berikut adalah ciri umum yang mudah kita sadari:

1. Mood Swing atau suasana hati yang suka berubah-ubah. Bisa merasakaan sangat bahagia, sedih, mudah tersinggung dan marah-marah gak jelas.

2. Sering memikirkan suatu hal yang berlebihan.

3. Sering menyakiti diri sendiri.

4.Sering takut akan sesuatu tampa alasan.

5. Tidak bisa mengendalikan diri sendiri.

6. Muncul keinginan mengakhiri hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x