Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi "Introducing the others" melalui Model Pembelajaran GBA (Genre Based Approach)
Â
Situasi:Â
Keterampilan berbahasa terdiri atas empat keterampilan yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan  berbahasa memiliki hubungan yang erat, keterampilan menyimak akan sangat berpengaruh terhadap keterampilan berbicara, demikian juga keterampilan membaca akan berpengaruh terhadap keterampilan menulis. Dalam praktik pembelajaran di kelas VII terdapat permasalahan yang dihadapi diantaranya adalah peserta didik kelas VII merasa kesulitan dalam belajar bahasa Inggris karena kurang percaya diri, peserta didik masih kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris terkait materi memperkenalkan orang lain (Introducing the others), guru belum/tidak memiliki cara yang tepat untuk bisa memotivasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik, teknik dan model pembelajaran yang digunakan guru belum maksimal dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Praktik pembelajaran ini penting untuk saya bagikan karena saya berpikir kemungkinan banyak rekan guru yang mempunyai dan mengalami permasalahan yang sama dengan pengalaman saya, sehingga praktik baik ini semoga bisa menjadi sebuah referensi ataupun inspirasi untuk rekan guru lain dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam pembelajaran terkait materi memperkenalkan diri kepada orang lain (Introducing the others)
Tantangan :Â
Dari analisis hasil kajian literatur dan wawancara, penyebab masalah dari kesulitan siswa memahami pembelajaran terkait materi mempekenalkan orang lain (Introducing the others) Â antara lain :
- Peserta didik beranggapan bahwa berbicara dalam bahasa inggris adalah kegiatan yang sulit.
- Teknik dan model  pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan tidak membantu peserta didik.
Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru:
- Guru belum/tidak memiliki cara yang tepat untuk memotivasi peserta didik dalam belajar sehingga peserta didik memiliki rasa percaya diri yang tinggi
- Guru harus rajin membaca referensi teknik dan model pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas
Aksi :Â
Langkah-langkah guru untuk menghadapi tantangan:
- Guru harus mencoba dan menerapkan dari pelatihan yang sudah didapatkan untuk bisa memotivasi peserta didik dalam belajar
- Guru bisa memilih dengan tepat teknik dan model pembelajaran dan bisa diterapkan dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik
- Guru mau mencoba pembelajaran berbasis digital yang mudah dan dimengerti oleh peserta didik
Teknik dan model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran Genre Based Approach (GBA). Metode yang baik adalah metode yang mudah diterima peserta didik dan hasilnya memuaskan sehingga guru sebagai tenaga pendidik memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menunjang keberhasilan pembelajaran di sekolah.